web analytics
  

Orang Terkaya di Singapura Tambah Kaya Berkat Ventilator

Minggu, 26 April 2020 08:04 WIB

ilustrasi. (Reuters)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Li Xiting, pria terkaya di Singapura kekayaannya meningkat sekitar 1 miliar dolar AS (Rp15,5 triliun) per bulan untuk tahun ini dari penjualan ventilator sebagai sarana medis melawan virus corona.

Li Xiting merupakan salah satu pendiri dan ketua perusahaan perangkat medis bernama Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics. Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Jumat (24/4/2020) kekayaannya mengalami peningkatan sebesar 4,3 miliar dolar AS (Rp66,8 triliun) tahun ini. Menurut South China Morning Post, hal tersebut bisa terjadi karena harga saham perusahaan melonjak hampir 50%.

Kekayaannya sekarang bernilai 13,5 miliar dolar AS, menurut data Bloomberg. Itu berarti, kekayaannya yang meningkat rata-rata sekitar 37,7 juta dolar AS (Rp586 miliar) setiap 24 jam.

Dunia saat ini sangat membutuhkan ventilator, itulah sebab ventilator buatan Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics meningkat pesat, ketika petugas layanan kesehatan di seluruh dunia berjuang untuk merawat pasien COVID-19.

Ventilator merupakan alat medis yang membantu pasien bernafas sehingga sangat penting untuk merawat pasien COVID-19 yang paru-parunya diserang oleh penyakit pernapasan.

Tak seperti perusahaan yang berbondong-bondong menjual masker, pasar ventilator tergolong kecil karena bersifat teknis dan sangat terspesialisasi.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan kepada South China Morning Post: "Pesanan untuk produk kami meningkat tajam pada bulan Maret. Kami menerima pesanan dari 100-aneh negara untuk perangkat medis kami untuk memerangi epidemi."

Juru bicara itu mengatakan telah menerima pesanan sekitar 10.000 ventilator dari Italia, meskipun harga yang tepat untuk ventilator tidak diklarifikasi.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel lainnya

dewanpers