web analytics
  

Mahfud MD: Larangan Mudik Berlaku untuk Semua Daerah!

Sabtu, 25 April 2020 21:16 WIB Khoirur Rozi

Grafis mudik.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menegaskan, larangan mudik berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Oleh karena itu, dia meminta semua pihak menaati aturan itu.

"Pemerintah itu bisa melarang di manapun karena itu (larangan mudik) berlaku bagi seluruh Indonesia," kata Mahfud melalui telekonferensi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Sabtu (25/4/2020).

Aparat keamanan, lanjutnya, dapat menindak tegas pemudik yang tetap nekat pulang ke kampung halamannya. Tindakan tegas menurutnya agar masyarakat mematuhi aturan yang sudah dikeluarkan pemerintah Indonesia.

"Kalau pemerintah itu mengumumkannya tidak boleh mudik, ya jangan mudik," ujarnya.

Kebijakan larangan mudik ini mulai berlaku pada Jumat 24 April 2020 sampai dengan 31 Mei 2020. Menurut Mahfud, kebijakan ini bisa diperpanjang tergantung kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Kalau pada saat habis perpanjangan kok masih perlu diperpanjang, diperpanjang lagi sampai ada pada titik minimal untuk dikatakan aman," tuturnya.

Mahfud berharap, seluruh masyarakat mendukung upaya pemerintah mengatasi Covid-19 dengan cara tidak mudik. Sebab, katanya, mudik berpotensi menyebarkan virus corona ke berbahai daerah di Indonesia.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers