web analytics
  

UEFA Buka Pintu Liverpool Jadi Juara Liga Primer Inggris

Jumat, 24 April 2020 22:07 WIB
Olahraga - Sport, UEFA Buka Pintu Liverpool Jadi Juara Liga Primer Inggris, Liverpool, Liga Inggris, Premier League,

Bendera Liverpool. (Pixabay)

LIVERPOOL, AYOBANDUNG.COM -- Liverpool dikabarkan segera ditunjuk sebagai juara Liga Primer Inggris musim 2019/2020, entah kompetisi dilanjutkan atau tidak. Kabar tersebut dikuatkan oleh Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) yang menyebut Liga Primer sudah tidak dihitung lagi karena Liverpool hanya butuh dua kemenangan lagi untuk bisa memastikan gelar juara.

Dalam pernyataannya, badan sepak bola tertinggi di Eropa tersebut menegaskan, kompetisi domestik akan diselesaikan dengan "kebijaksanaan olahraga". Artinya, hasil sebelum kompetisi dihentikan karena pandemi korona membantu memutuskan tempat terakhir di liga domestik. Keputusan UEFA ini juga terkait tiket Liga Champions yang akan diputuskan melalui basis poin per pertandingan jika sisa pertandingan tidak dimainkan.

AYO BACA : Gerrard dan Klopp Sebut Mental Pemain Liverpool Seperti Monster

Alternatif lainnya untuk Liga Primer adalah opsi play-off atau format mini turnamen untuk memutuskan siapa yang lolos ke kompetisi Eropa. Walaupun, opsi alternatif itu dinilai tak akan disukai oleh klub yang lebih memilih skema poin per pertandingan, apalagi bagi Liverpool yang sudah unggul 37 poin dari Manchester United di posisi kelima.

"Agar lolos untuk berpartisipasi di kompetisi (Eropa), klub harus lolos ke kompetisi itu dengan kebijaksanaan olahraga. Kebijaksanaan olahraga harus objektif, transparan, dan prinsip nondiskriminatif," ujar UEFA dikutip dari Sky Sports, Jumat (24/4).

AYO BACA : Silat Lidah Legenda Liverpool dan MU Soal Kelanjutan Liga Primer Inggris

Namun, UEFA menegaskan juga punya hak untuk menolak atau mengevaluasi kewenangan klub yang diajukan oleh asosiasi nasional jika ada persepsi publik yang tidak adil dalam kualifikasi. Walaupun, UEFA juga ingin liga-liga domestik mengeksplorasi format yang berbeda untuk menyelesaikan kompetisi asalkan format tersebut bisa memfasilitasi klub untuk lolos dengan cara yang bijaksana.

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memperingatkan para rival bahwa skuatnya tidak takut untuk skema apa pun. Bahkan, Klopp menyatakan performa skuat Liverpool saat ini bukanlah seperti artikel yang telah selesai. Artinya, Sadio Mane dkk diklaim masih bisa tampil lebih baik lagi. Saat ini Liverpool unggul 25 poin dari Manchester City di puncak klasemen Liga Primer.

Jika musim 2019/2020 selesai, Liverpool akan mengeklaim gelar liga pertama setelah 30 tahun penantian dan menambah kesuksesan penting di bawah asuhan Klopp. Setelah kalah pada final Liga Champions musim 2017/2018, the Reds mengangkat trofi bergengsi itu untuk keenam kali tahun lalu, mengalahkan Tottenham Hotspur di final. Setelah itu, Liverpool menjuarai Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub pada 2019.

"Kami tidak akan berubah, itu hal utama. Namun, kesuksekan kami akan bergantung pada apa yang klub lain lakukan karena mereka punya segalanya untuk berbenah, melakukan sesuatu lebih baik. Kami punya ruang banyak untuk perbaikan. Kami bekerja untuk itu," kata Klopp menegaskan, dikutip dari Sportskeeda.

AYO BACA : Liverpool Bisa Gagal Juara Akibat Corona, King Kenny Tak Rela

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers