web analytics
  

Umuh Muchtar Sambut Positif Wacana Liga 1 Digelar Tanpa Penonton

Jumat, 24 April 2020 20:27 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Umuh Muchtar Sambut Positif Wacana Liga 1 Digelar Tanpa Penonton, Komisaris Persib Umuh Muchtar, Pandemi Covid-19, Pertandingan Tanpa Penonton

Komisaris PT PBB Umuh Muchtar. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Komisaris PT Persib Bandung, Umuh Muchtar menyambut positif wacana kompetisi Liga 1 2020 kembali digelar dengan opsi tanpa penonton usai pandemi corona usai. Umuh menilai, pertandingan tanpa dihadiri suporter bisa menjadi solusi agar kompetisi tetap bisa terus berjalan. 

Apalagi penayangan pertandingan melalui televisi bisa jadi obat kerinduan suporter terhadap klub kebangaannya. Maklum, selama ini sepak bola menjadi hiburan dan kebahagiaan seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

Saat ini kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu berstatus force sejak Maret hingga Juni 2020 imbas pandemi virus corona. Alhasil, sepanjang status ini segala aktivitas sepak bola Tanah Air dihentikan. 

AYO BACA : 2 Kerinduan Umuh Muchtar selama Pandemi Corona

Bila sesuai rencana, gelaran sepak bola Tanah Air hanya ditunda sampai 29 Mei 2020. Meski begitu, hal itu pun bergantung pada ketetapan pemerintah.

Pasalnya jika pemerintah memperpanjang darurat Covid-19 maka dengan terpaksa PSSI akan recara resmi membatalkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. 

"Tidak ada masalah ya, biar semarak. Orang bisa lihat di TV karena hiburan masyarakat. Insyaallah seluruh Indonesia sangat menunggu dan mengharapkan," kata Umuh melalui sambungan telepon, Jumat (24/4/2020).

AYO BACA : Ini Permintaan Umuh Muchtar Bila Kompetisi Terpaksa Dihentikan

Meski begitu, Umuh menegaskan bila kompetisi kembali digelar, pihak klub harus tetap bersiaga dengan menjaga kesehatan dan keselamatan dari para pemain, pelatih dan ofisial. 

Namun Umuh optimistis bila semua langkah protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik, bukan tidak mungkin gelaran kompetisi musim 2020 bisa kembali digelar.

"Nanti di klub bisa menjaga. Kita bisa cek suhu badan, kesehatan diperhatikan. Jangan sampai ada yang nempel (virus corona). Saya yakin bisa," ucapnya.

Di sisi lain, sosok yang lekat dengan topi koboi itu tak menampik, pertandingan sepak bola kerap menyedot atensi besar suporter. Karenanya, bila kompetisi kembali digelar dengan disaksikan penonton potensi penyebaran virus menjadi sangat tinggi jika laga bisa disaksikan penonton. 

Akan tetapi dengan kebijakan Liga tanpa penonton, peluang penyebaran virus Covid-19 bisa ditekan. Kendati demikian, Umuh menegaskan, bila Liga 1 digelar tanpa penonton klub dilarang abai terhadap masalah kesehatan timnya.

"Saya sangat senang apabila (wacana Liga 1 tanpa penonton) itu terlaksana. Pokoknya klub nanti yang bertanggung jawab. Misalkan Persib, nanti pasti menugaskan dokter," ujarnya.

AYO BACA : Kompetisi 'Mati Suri', Umuh Muchtar Harap Sponsor Persib Pengertian

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers