web analytics
  

Doa Qunut Nazilah

Jumat, 24 April 2020 11:07 WIB Adi Ginanjar Maulana
Umum - Ramadhan, Doa Qunut Nazilah, doa qunut,qunut nazilah,qunut,covid,corona

Ilustrasi berdoa.(Ayobandung.com/Irfan Alfaritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Awal puasa telah dimulai, tapi keadaan di tengah pandemi Covid-19 atau Corona belum juga usai sejak Maret lalu.

Jumlah kasus orang yang positif terinfeksi Corona di Indonesia kian bertambah. Selain melakukan protokol pencegahan Corona, seperti menjaga kebersihan pribadi dan menerapkan jarak sosial, umat Islam hendaknya juga berdoa memohon kepada Allah agar dijauhkan dari penyakit berbahaya. Salah satu doa yang dianjurkan dibaca adalah doa qunut nazilah.

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam melakukan qunut nazilah, yaitu berdoa untuk menangkal turunnya malapetaka di tiap salat fardhu di rakaat terakhir setelah ruku. Adapun doa qunut nazilah dibaca dengan suara rendah saat shalat sirriyah, yaitu salat Zuhur dan Asar.

Dibaca keras saat salat jahriyah (salat yang disunnahkan mengeraskan suara, yaitu salat Magrib, Isya, dan Subuh), baik ketika menjadi imam atau sedang salat sendiri.

Doa Qunut Nazilah

Allaahummahdii fiiman hadaiyt

Wa 'aafinaa fiiman 'aafaiyt

Wa tawallani fiiman tawallaiyt

Wa baarikli fiimaa a'thoiyt

Wa qini syarro maa Qodloiyt

Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo 'alaiyk

Wa innahu laa yadzillu man waalayt

Wa laa ya'izzu man 'aadaiyt

Tabaarokta robbanaa wa ta'aalaiyt

Fa lakal hamdu 'alaa maa qodloiyt

Astaghfiruka wa natuubu ilaiyk

Allaahummadfa' 'annal gholaa'a wal balaa'a wal wabaa' wal Fahsyaa'a wal Munkar

Was Suyuufal Mukhtalifata wasy Syadaaida wal mihan

Maa zhoharo minhaa wa Maa Bathon

Mim Balainaa Hadzaa Khoosshoh

wa Min Buldaanil Muslimiina 'Aammatan

Innaka 'Alaa Kulli Syaiin Qadiir

Wa shallaahu 'alaa Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa'alaa aalihi wa Shahbihii wa Sallam

Artinya:

Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

Bagi imam salat jamaah, saat membaca doa qunut nazilah ini agar mengumumkan lafaz doanya, yaitu dengan mengubah kata ganti untuk diri sendiri (mutakallim wahdah) menjadi kata ganti untuk orang banyak (mutakallim ma 'al ghaird), dan makmum cukup mengaminkannya.

Dari kata ganti 'ana' diubah menggunakan kata ganti 'nahnu'. Misalnya, dari "Allahummahdinii..." menjadi "Allahummahdinaa...".

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers