web analytics
  

6 Hari Berturut Trapawana Distribusi Disinfektan di Bandung Barat

Kamis, 23 April 2020 20:49 WIB Tri Junari

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Trapawana Jawa Barat mendistribusikan 16.500 liter cairan disinfektan ke 165 desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB). (Ayobandung.com/Tri Junari)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Trapawana Jawa Barat enam hari berturut telah berhasil mendistribusikan 16.500 liter cairan disinfektan ke 165 desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Ketua Trapawana Jawa Barat, David Riksa Buana mengatakan, distribusi menggunakan 5 unit kendaraan melibatkan 15 personel dan dibantu 80 orang mitra Trapawana yang berada di seluruh KBB.

Biaya operasional pendistribusian disinfektan ini bersumber dari urunan anggota dan donasi berbagai pihak. Langkah ini dilakukan sebagai upaya disinfeksi pemukiman di KBB dalam memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

“Kami hanya menindaklanjuti ajakan Pak Gubernur yang mengatakan, untuk memutus mata rantai Covid-19 harus dilakukan secara pentahelix," ungkap David, Kamis (23/4/2020).

David memaparkan, tujuan dari program ini adalah untuk menyediakan disinfectant di tiap desa dan bisa mendisinfeksi seluruh pemukiman warga. Masyarakat diajak untuk melakukan disinfeksi secara mandiri dan periodik agar disinfeksi berlangsung masal.

"Kami kira ini model penanggulangan pandemi Covid-19 yang masif dan melibatkan multistakeholder, disinfektan merata didapat seluruh wilayah sehingga pencegahan lebih terstruktur," ucapnya.

Bukan hanya selesai mendistribusi disinfektan ke wilayah KBB, Trapawana juga menyediakan angkutan khusus distribusi disinfektan jika dibutuhkan. 

"Kami ada 130 relawan dan 20 unit mobil yang siap membantu pendistribusian disinfektan ke tiap wilayah di Jawa Barat," katanya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers