web analytics
  

Tips Fotografi, Memotret dengan Ponsel saat Malam

Kamis, 23 April 2020 15:01 WIB
Umum - Unik, Tips Fotografi, Memotret dengan Ponsel saat Malam, fotografi, tips memotret,

[Ilustrasi] Memotret dengan kamera ponsel saat malam. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Hasil foto saat malam memang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Namun untuk mengabadikan keindahan malam menggunakan ponsel memang tak mudah.

Karena itu, ada sejumlah tip memotret menggunakan ponsel saat malam, seperti yang dilansir dari Android Authority berikut ini.

1. Gunakan cahaya tambahan

Salah satu unsur yang harus ada dalam fotografi adalah cahaya. Tanpa cahaya, tidak akan ada hasil gambar yang memuaskan.

Maka dari itu, gunakan cahaya tambahan ketika melakukan pemotretan saat malam. Sumber cahaya bisa didapat dari LED flash pada ponsel, atau menambahkan beberapa lampu di sekitar obyek foto.

2. Hindari polusi cahaya

Untuk mendapatkan foto malam hari dengan hasil yang baik, Anda harus memastikan bahwa lokasi tempat mengabadikan gambar bebas dari polusi cahaya.

Artinya, hindari memotret di tempat-tempat yang terlalu banyak cahaya atau lampu. Hal ini disebabkan oleh efek pijar yang dipancarkan lampu bisa merusak detail objek yang akan difoto.

Beberapa wilayah seperti perdesaan mungkin cocok sebagai tempat untuk mengabadikan gambar. Hal ini karena boleh jadi polusi cahayanya tidak sebanyak di perkotaan.

3. Lindungi ponsel

Melindungi ponsel agar kamera tidak tergores menjadi hal penting. Gunakanlah pelindung ponsel untuk berjaga-jaga dari jatuhnya tripod, sehingga mencegah retaknya layar atau kamera ponsel Anda.

Meski terlihat sepele, namun goresan kecil pada layar atau rusaknya lensa kamera boleh jadi akan membuat hasil tangkapan foto malam hari Anda menjadi kurang maksimal.

4. Edit foto

Ibarat seorang model yang akan dibilang cantik setelah diberikan make-up, foto pun demikian. Setelah melakukan pemotretan pada malam hari, Anda masih bisa mengeditnya dengan menggunakan berbagai aplikasi.

Selain bisa mempercantik hasil foto, proses editing juga bisa digunakan untuk menghapus objek-objek tidak perlu yang menggangu fokus foto Anda.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers