web analytics
  

Saran dari Dokter Agar Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Tetap Terjaga

Kamis, 23 April 2020 14:39 WIB

Kurma. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pada masa Ramadan kali ini, daya tahan tubuh seseorang harus semkain dijaga agar tak terjangkit virus.

Akademisi sekaligus praktisi gizi Dr Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK mengatakan, untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa, makanan yang dikonsumsi tidak menaikkan kadar gula darah dalam tubuh.

"Kalau kita ingin mendapatkan manfaat puasa yang baik, haruslah yang tidak menaikkan gula darah yang sangat banyak, dan kemudian makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang tidak membuat terjadinya inflamasi," ujar Dr Tirta dalam diskusi online, Rabu (22/4/2020).

Inflamasi adalah peradangan yang dibuat tubuh untuk melindungi dari infeksi virus, bakteri, dan jamur. Dr Tirta menyebut, gula dan gorengan sebagai makanan yang bisa menyebabkan inflamasi. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

"Paling kuat (penyebab inflamasi) adalah gula dan makanan yang digoreng. Buka puasa adalah biasa gorengan dan minuman manis. Nah, ini sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan," papar Dr Tirta.

Dia mengatakan, sebagaimana pernah dicontohkan Nabi Muhammad yang berbuka puasa mengonsumsi buah kurma sebanyak 3 buah, dan jumlah itu tidak menaikkan kadar gula dalam darah.

"Pilihan yang paling baik dengan menggunakan kurma. Rasul tidak mencontohkan buka puasa dengan teh manis. Karena bisa men-trigger (menyebabkan) adanya inflamasi," katanya.

Kalaupun jika ingin tetap mengonsumsi makanan manis, ada baiknya mencari sumber gula yang juga mengandung serat, seperti buah-buahan.

Jadi, di tengah pandemi seperti ini, ada baiknya tidak mengonsumsi makanan yang men-trigger inflamasi. Itu sebabnya, disarankan menjauhi makanan bergula tinggi, termasuk juga teh manis dan minuman manis lainnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers