web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Rutin Berhubungan Badan Bikin Perempuan Gemuk?

Kamis, 23 April 2020 03:40 WIB

Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Berhubungan badan secara rutin terbukti bermanfaat bagi tubuh. Studi mengatakan, hubungan seks teratur dapat melawan stres, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Namun, ada juga yang menyebut bahwa rutin berhubungan intim bisa membuat berat badan perempuan bertambah. Lantas, apakah pernyataan itu benar?

Seperti dilansir dari Times of India, tidak ada korelasi yang terbukti antara bertambahnya berat badan dan aktivitas seksual.

Bahkan jika kamu merasa penampilanmu sedikit berbeda setelah berhubungan seks, hal itu terjadi karena ketidakseimbangan hormon tertentu, yang melonjak atau terombang-ambing selama aktivitas seksual. Hal ini yang dapat berdampak pada berat badan.

Hormon-hormon tertentu, seperti DHEA, estrogen dan progesteron, merupakan hormon seks yang telah dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang terlalu cepat. Ketidakstabilan atau sekresi salah dalam kelenjar hormon dapat menambah masalah berat badan dan menempatkan Anda pada risiko obesitas.

Ini juga tergantung pada beberapa faktor lain, termasuk usia pubertas, siklus menstruasi, dan menopause. Oleh karena itu, selalu disarankan bahwa seseorang harus menjaga hormon dan menjalani gaya hidup sehat.

Ada juga klaim yang tinggi bahwa wanita, khususnya dalam hubungan jangka panjang yang aktif secara seksual lebih rentan untuk menambah berat badan. Lagi-lagi itu keliru.

Selama Anda makan dengan benar, berolahraga dan mengikuti gaya hidup yang baik, tidak ada alasan bagi Anda untuk khawatir menikmati kehidupan seks yang baik.

Sebaliknya, Berhubungan intim selama 30 menit bisa membakar sekitar 100-200 kalori. Oleh karena itu, ketika Anda melakukan hubungan seks teratur, Anda juga mengurangi faktor-faktor potensial lainnya seperti stres, kecemasan yang dapat membuat Anda kesulitan menurunkan berat badan.

Para peneliti juga mengatakan, hubungan intim yang rutin mengaktifkan oksitosin, alias, hormon cinta, yang bahkan dapat mengubah nafsu makan, membuat Anda makan lebih sedikit dan berdampak pada konsumsi kalori Anda.

Karenanya, sering berhubungan seks, alih-alih membuat Anda bertambah gemuk dapat membantu Anda dan pasangan tetap bugar. Ingat, seks tidak akan pernah mengubah penampilan Anda.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers