web analytics
  

8 Manfaat Puasa Menurut Sains, Bantu Diet Secara Sehat

Rabu, 22 April 2020 14:12 WIB
Umum - Ramadhan, 8 Manfaat Puasa Menurut Sains, Bantu Diet Secara Sehat, Manfaat Puasa, Sains, Berat Badan, diet,

[Ilustrasi] Diet sehat dengan puasa. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Selain membantu mengotrol gula darah, memperbaiki kesehatan jantung, hingga meningkatkan fungsi otak, puasa juga memiliki sejumlah manfaat lain.

Melansir dari Healthline, berikut berbagai manfaat puasa lainnya menurut sains. Sejumlah manfaat puasa menurut sains lainnya bisa diakses di sini.

5. Membantu penurunan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan puasa dalam jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan cara meningkatkan kadar neurotransmitter bernama norepinephrine. Neurotransmitter ini dapat membantu upaya penurunan berat badan.

AYO BACA : Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami dengan Jambu Biji

Penelitian lain menunjukkan puasa dapat menurunkan berat badan hingga 9%. Tak hanya itu, puasa secara signifikan dapat menurunkan lemak tubuh dalam waktu 12-24 pekan.

Penelitian juga menunjukkan berpuasa lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan restriksi kalori. Dengan berpuasa, berat badan bisa mengalami penurunan tanpa membuat jaringan otot ikut menurun.

6. Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan

Human growth hormone (HGH) merupakan jenis hormon protein yang penting dalam beragam aspek kesehatan tubuh. Hormon ini terlibat dalam proses pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan dan kekuatan otot.

AYO BACA : Ini Berbagai Makanan yang Bisa Jaga Kadar Gula Darah

Beberapa studi menunjukkan puasa dapat secara alami meningkatkan kadar HGH. Studi terhadap 11 orang dewasa sehat menunjukkan puasa selama 24 jam dapat meningkatkan kadar HGH secara signifikan. Studi berskala kecil lain menunjukkan puasa dalam dua hari dapat meningkatkan produksi HGH hingga lima kali lipat.

Tak hanya itu, puasa dapat menjaga kadar gula darah dan kadar insulin tetap tenang. Kondisi ini dapat semakin mengoptimalkan kadar HGH.

7. Memperlambat penuaan dan memperpanjang harapan hidup

Studi pada hewan menunjukkan pola puasa berselang dapat memperlambat lajut penuaan dan memperpanjang harapan hidup tikus hingga 83%. Studi pada hewan lain juga menunjukkan bahwa puasa secara efektif dapat meningkatkan harapan umur panjang dan tingkat kelangsungan hidup.

8. Membantu pencegahan kanker dan meningkatkan efektivitas kemoterapi

Studi pada hewan coba menunjukkan bahwa puasa dapat membantu mencegah kanker dan proses terapi kanker. Sebuah studi pada tikus bahkan menunjukkan pola 'satu hari puasa satu hari tidak' turut membantu mencegah pembentukan tumor.

Studi test-tube menunjukkan puasa dapat memperlambat pertumbuhan tumor dan meningkakan efektivitas obat kemoterapi terhadap pembentukan kanker. Akan tetapi, temuan ini masih terbatas pada hewan percobaan dan sel.

AYO BACA : 7 Cara Mencegah Ginjal Rusak, Termasuk Kontrol Gula Darah

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers