web analytics
  

5 Makanan Organik yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Senin, 20 April 2020 09:33 WIB

Pisang, salah satu makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. (Pixabay)

Sejumlah makanan organik—yang dinilai lebih sehat—bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi penyebab masalah kesehatan serius.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi kesehatan yang menekan dinding arteri. Jika tak diobati, hipertensi bisa menyebabkan masalah serius seperti penyakit jantung, penyakit ginjal dan stroke.

Namun, tekanan darah tinggi bisa dikontrol dengan pola makan yang sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan organik untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Residu pestisida telah dikaitkan dengan terosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Residu pestisida merupakan polutan lingkungan yang tidak bisa terurai dengan baik begitu dicerna. Karena itu, polutan ini akan menumpuk di tubuh semasa hidup.

Anda mungkin bisa mengurangi minum dan konsumsi makanan tertentu. Namun, usaha itu mungkin tidak cukup. Berikut ini 5 jenis makanan organik yang bisa menurunkan tekanan darah alami seperti dilansir oleh Organic Welcome.

1. Sayuran hijau

AYO BACA : Cara Atasi Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dengan Teh Daun Kelor

Tubuh selalu membutuhkan sodium untuk membantu memindahkan air keluar dan masuk sel kita. Akan tetapi, terlalu banyak natrium bisa menghambat kemampuan ginjal untuk membuang kelebihan air sehingga meningkatkan tekanan darah.

Solusinya, pastikan Anda mengonsumsi banyak kalium untuk membantu mendukung fungsi ginjal. Dalam hal ini, konsumsi sayuran hijau adalah cara termudah mendapat lebih banyak potasium ketika ditambahkan ke dalam sandwich.

2. Bit merah

Biasanya orang mengonsumsi buah bit merah sebagai menu diet untuk menurunkan tekanan darah. Bit merah mengandung nitric oxide, senyawa yang mampu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan Anda bisa merasakan manfaatnya setelah 24 jam mengonsumsi buah bit merah. Jika Anda tidak suka mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa mengemaskan sebagai minuman jus.

3. Pisang

AYO BACA : Jus Tomat Jadi Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Pisang mengandung 12 persen dari AKG untuk kalium, yang juga memiliki protein sehat, serat, magnesium, vitamin B6 dan C. Kalium dalam buah pisang bisa menurunkan natrium berlebih dalam tubuh.

Studi menunjukkan bahwa makan dua pisang per hari bisa menurunkan tekanan darah sebanyak 10 persen. Bahkan Anda bisa mengonsumsi pisang dalam bentuk yang sudah diiris dan dikeringkan.

4. Oatmeal

Oatmeal salah satu makanan yang tidak hanya bermanfaat sebagai menu diet, tetapi juga menurunkan tekanan darah tinggi.

Oatmeal kaya akan serat dan biji-bijian yang membantu menghilangkan kolesterol. Oatmeal juga mengandung kalsium dan kalium yang bagus untuk menurunkan tekanan darah.

5. Bawang putih

Bawag putih mengandung oksida nitrat yang bisa membantu vasodilatasi atau pelebaran arteri. Arteri lebar sama dengan aliran darah yang lebih baik.

Adapula herbal lainnya yang bisa membantu mengatasi hipertensi, seperti kemangi, kayu manis, kapulaga, jahe dan biji seledri. Herbal ini tidak hanya menambah rasa, tetapi juga mengurangi jumlah natrium.

AYO BACA : Cara Kontrol Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dengan Air Rebusan Jahe

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers