web analytics
  

Tisu Kertas Lebih Efektif Hilangkan Virus daripada Mesin Pengering

Sabtu, 18 April 2020 07:03 WIB

Tisu. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah studi terbaru menyebutkan, Tisu kertas lebih efektif daripada mesin pengeringan tangan dalam hal menghilangkan mikroba maupun virus dari tangan.

Studi ini awalnya akan dipaparkan Kongres Eropa Mikrobiologi Klinik dan Penyakit Menular (ECCMID) di Paris pada 18-21 April. Namun karena pandemi Covid-19, hasil studi itu dipublikasikan sekarang.

Studi itu mengatakan, pengeringan tangan penting untuk meminimalkan penyebaran mikroba berbahaya, termasuk coronavirus baru. Sebab tangan adalah medium penyebaran virus ke berbagai permukaan objek lainnya.

Dalam penelitian tersebut, penulis dari University of Leeds menyelidiki apakah ada perbedaan dalam tingkat penularan virus, menurut metode pengeringan tangan, di toilet ke lingkungan rumah sakit.

Empat sukarelawan menyimulasikan kontaminasi tangan dan sarung tangan mereka menggunakan bacteriophage. Itu adalah virus yang menginfeksi bakteri dan karenanya tidak berbahaya bagi manusia.

Lalu tangan mereka tidak dicuci setelah dikontaminasikan dengan virus tersebut. Namun tangan mereka dikeringkan menggunakan Tisu kertas dan ada pula dengan mesin pengeringan tangan di toilet.

Selanjutnya, mereka diminta menyentuh sejumlah permukaan. Seperti pegangan tangan tangga, tombol lift, kursi di area publik dan bangsal, telepon, dan juga tombol pada interkom akses ke bangsal.

Tim menemukan bahwa pengeringan tangan dengan dengan Tisu kertas maupun mesin pengering tangan. Namun, secara statistik, kontaminasi lebih tinggi terjadi pada tangan yang dikeringkan dengan mesin pengeringan tangan.

“Ada perbedaan yang jelas, menurut metode pengeringan tangan, dalam kontaminasi mikroba residual pada tangan dan tubuh subjek," demikian bunyi laporan studi tersebut sebagaimana dilansir Edinburgh News, Jumat (17/4/2020).

Studi itu juga mencatat bahwa temuan ini memiliki kepentingan khusus karena adanya peralihan penggunaan Tisu kertas ke mesin pengering tangan di dunia. Terutama di lingkungan kesehatan di Inggris.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers