web analytics
  

Wajib Tahu, Ini Keunggulan Susu Kambing daripada Susu Kacang dan Sapi

Sabtu, 18 April 2020 07:00 WIB

[Ilustrasi] Susu kambing. (Pixabay/Couleur)

Susu kambing memiliki struktur yang lebih mirip air susu ibu (ASI) ketimbang susu sapi.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Susu kambing sudah lama dikenal sebagai produk susu hewani pengganti susu sapi yang lebih sehat.

Mengandung banyak vitamin dan mineral, susu kambing lebih baik untuk pencernaan dan memberikan solusi bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa.

Dikutip dari Good House Keeping, susu kambing memiliki struktur yang lebih mirip air susu ibu (ASI) ketimbang susu sapi.

AYO BACA: Menkes Setujui PSBB Bandung Raya

AYO BACA: Apa yang Harus Disiapkan di Rumah Kalau Lockdown?

AYO BACA: Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

Dalam setiap 236 ml susu kambing terdapat 140 kalori, 7 gram total lemak, 4 gram lemak jenuh, 0 gram lemak trans, 25 mg kolesterol, 115 mg sodium, 11 gram total karbohidrat, 0 gram serat diet, 11 gram gula, 8 gram protein, 3 mg vitamin D (15 persen kebutuhan harian), 300 mg kalsium (25 persen kebutuhan harian), dan 420 mg potasium (9 persen kebutuhan harian).

Susu kambing masih termasuk produk susu, namun komposisi dan profil nutrisinya berbeda dari produk susu lainnya. Susu kambing mudah dicerna bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa.

Dari segi rasa, susu kambing memiliki rasa yang cukup ringan, sedikit creamy, dan sedikit rasa kacang dan bau yang cukup tajam.

AYO BACA: Cara Buat Masker Anticorona Murah dan Ramah Lingkungan ala Dokter Taiwan

AYO BACA: Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

AYO BACA: Waspadai, Ini 5 Gejala Positif Corona Covid-19 yang Tidak Umum

Dibandingkan susu sapi, menurut para pakar di Meyenberg Goat Milk, susu kambing lebih mudah dicerna karena memiliki partikel lemak yang sangat kecil dan mudah dipecah oleh enzim perut.

Selain itu, susu kambing memiliki asam lemak yang berkadar tinggi. Dibandingkan dengan susu yang berasal dari kacang-kacangan, susu kambing memiliki protein yang lebih banyak.

Selain itu susu kambing tinggi kalsium dan mineral lainnya, seperti magnesium, potasium dan juga baik bagi mereka yang ingin mengonsumsi susu namun memiliki intoleransi laktosa dan alergi terhadap kacang-kacangan.

AYO BACA: LIPI Rilis Daftar Produk Rumah Tangga yang Bisa Dijadikan Disinfektan

AYO BACA: 8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Saat Keluar Rumah

AYO BACA: Corona Masuk ke Indonesia, Ini Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

Susu kambing bisa digunakan dalam resep apapun, misalnya seperti smoothie atau bahkan jika ingin membuat minuman latte sebagai pengganti susu sapi.

Anda juga bisa menggunakan susu kambing pada overnight oats, sup krim, saus, dan juga bahan untuk memanggang kue.

Perlu Anda ketahui, mentega dari susu kambing juga bisa menjadi pengganti yang baik untuk kue-kue, dan sangat enak dijadikan es krim buatan rumah sendiri.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers