web analytics
  

Kisah Anak Kecil dan Ibu di Kabupaten Bandung Sumbang Polisi Beli APD

Jumat, 17 April 2020 17:09 WIB Mildan Abdalloh

Moch. Hafidh (Instagram/@sekitarbandungcom)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Patut diacungi jempol walaupun dalam keterbatasan, seorang bocah dan ibu-ibu memberikan sebagian uang yang disihkannya untuk membantu pembelian alat pelindung diri (APD) di tengah pandemi Covid-19.

Bocah berusia 9 tahun bernama Moch Hafidh mendatangi Mapolsek Dayeuhkolot dengan menenteng kaleng berisi uang receh, Kamis (16/4/2020). 

Kepada petugas, siswa ADN Pasigaran, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten bandung tersebut mengaku ingin menyumbangkan isi celengannya untuk dibelikan APD.

Uang recehan tersebut dikumpulkan Hafidh selama 9 bulan terakhir. Setelah dihitung uang yang dibawa bocah tersebut berjumlah Rp453.300 yang awalnya diperuntukan membantu pernikahan kakaknya.

Rikoh Rotikoh, ibu dari Hafidh mengatakan setiap hari anaknya hanya diberi uang jajan sebesar Rp2.000, sebagian dari uang jajan tersebut ditabung dalam kaleng biskuit.

Belakangan Hafidh sering melihat pemberitaan di televisi mengenai petugas medis yang kekurangan APD. "Dia menanyakan apa itu APD," ujar Rikoh.

AYO BACA : Ridwan Kamil Minta Masyarakat Teladani Aksi Hafidh

Rikoh pun menjelaskan fungsi dari APD bagi yang kondisinya saat ini sedang sulit didapat dan berharga mahal.

Tidak disangka, Hafidh merelakan uang tabungannya untuk disumbangkan kepada petugas medis melalui kepolisian. Alasannya, agar petugas medis bisa segera menyelesaikan tugasnya dengan aman sehingga pandemi Covid-19 segera berakhir.

Di tempat terpisah, seorang ibu-ibu mendatangi Mapolsek Cicalengka. Sebuah kaleng bekas cat dibawanya yang ternyata berisi sejumlah uang tabungannya sebesar Rp759.000.

Sama halnya dengan Hafidh, perempuan yang tidak mau disebutkan namanya tersebut ingin menyumbang pembelian APD melalui kepolisian.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, mengapresiasi itikad baik dari kedua orang tersebut yang walaupun dalam situasi sulit masih peduli dengan kondisi negara.

"Walaupun sumbangannya tidak besar, tapi niatnya sangat mulia," ujarnya, Jumat (17/4/2020).

Uang tersebut akan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan.

AYO BACA : Datangi Polsek Dayeuhkolot, Bocah Ini Sumbangkan Tabungan untuk APD

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers