web analytics
  

Cara Sederhana Tingkatkan Imunitas Tubuh

Sabtu, 18 April 2020 01:30 WIB

Ilustrasi (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh menjadi hal yang diperhatikan saat ini. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan meningkatkan imunitas?

Secara sederhana, tubuh memiliki sistem kekebalan yang canggih untuk melindungi diri dari penyakit. Pilihan gaya hidup berdampak pada kemampuan untuk memperkuat atau melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, merangkum saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti dikutip laman Daily Union, Jumat (17/4):

1. Kelola stres
Ada berbagai cara untuk melakukan ini. Setiap orang mengelola stres mereka secara berbeda. Banyak dari kita melampiaskan stres ke makanan untuk membantu mengelola stres.

Alih-alih begitu, coba opsi membaca jurnal, meditasi, latihan pernapasan dalam, yoga, atau membuat daftar ucapan terima kasih. Gagasan lain termasuk menelepon teman, mencoba sesuatu yang baru, berada di alam, melakukan sesuatu yang disukai, atau mengekspresikan diri secara kreatif dengan musik atau seni.

2. Hindari tembakau dan alkohol
Tembakau dan alkohol berkontribusi terhadap peradangan kronis dan peningkatan racun dalam tubuh. Racun ini mengurangi kemampuan tubuh untuk membuat sel darah putih dan melawan virus dan bakteri.

3. Tetap terhidrasi
Minum air membantu tubuh menghilangkan racun secara alami dan menjaga sistem mengalir dengan lancar. Tujuan meminum setidaknya 64 ons atau delapan gelas air setiap hari mungkin agak banyak.

4. Tidur
Terkait tidur, kualitas lebih penting daripada kuantitas (idealnya 7-9 jam setiap malam). Untuk meningkatkan kualitas tidur, pertimbangkan menghindari teknologi atau layar setidaknya 90 menit sebelum tidur.

Coba opsi membaca, menulis jurnal, atau mendengarkan musik lembut sebelum tidur. Pastikan kamar tidur sejuk, gelap, dan tenang. Selain itu, hindari menyalakan TV sambil berbaring di tempat tidur.

5. Gerakkan tubuh
Olahraga teratur membantu melawan peradangan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Temukan cara untuk melakukan aktivitas fisik, seperti mengambil langkah ekstra saat melakukan pekerjaan rumah tangga.

Gerakan minimal 20 menit bisa efektif, dengan tujuan menggerakkan tubuh setiap hari. Jika aktif setidaknya 150 menit per pekan, Anda melakukan yang terbaik dan perlu konsisten.

6. Pilih makanan anti-inflamasi
Banyak yang menimbun makanan kaleng atau kotak, tetapi baiknya ganti dengan makanan kaya nutrisi dan kaya antioksidan. Coba konsisten dengan buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan protein.

7. Tetap terhubung
Sudah menjadi sifat alami manusia untuk terhubung dan berinteraksi dengan orang lain, yang membuat tantangan sosial, frustrasi, dan kadang-kadang membuat depresi. Bahkan, hubungan singkat dan virtual dengan orang lain dapat meningkatkan emosi positif yang telah terbukti meningkatkan kekebalan kita.

Selama pandemi ini, tetaplah berhubungan dengan teman dan keluarga, bahkan jika harus melalui Face Time, Skype, Zoom, SMS, atau panggilan telepon.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers