web analytics
  

Penemuan Ular Sanca Hebohkan Warga Balonggede Bandung

Jumat, 17 April 2020 14:16 WIB Rizma Riyandi
Bandung Raya - Bandung, Penemuan Ular Sanca Hebohkan Warga Balonggede Bandung, ular sanca di bandung, ular sanca di balonggede, berita bandung, bandung hari ini

Ular sanca. (Instagram/@bandungtalk)

REGOL, AYOBANDUNG.COM -- Penemuan ular sanca batik berukuran besar menghebohkan warga Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Dikutip dari akun instagram @bandungtalk, ular tersebut ditemukan di dekat aliran sungai.

"Warga Balong gede, Rt 05,Rw 05, kec Regol, kota Bandung dihebohkan dengan penemuan ular besar didekat aliran sungai Cikapundung pada kamis (16/4) sore," tulis @bandungtalk, Jumat (17/4/2020).

AYO BACA : Ular Sanca 3,5 Meter Dievakuasi dari Rumah Warga di Purwakarta

Berdasarkan kronologi yang dibagikan @sprdxx, ular tersebut ditemukan saat hujan. Awalnya ada seorang bapak-bapak yang melihat, dan menyangka ular tersebut batang bambu. Namun ular bergerak ke pinggir dan menuju ke bagian atas sungai.

Melihat hal tersebut bapak-bapak tersebut memanggil orang lain dan menangkap ular tersebut menggunakan tali. Beruntung ular tersebut tidak melawan karena kepalanya sudah diikat tali.

AYO BACA : Warga Purwakarta Kembali Temukan Ular Sanca 2,5 Meter

"Selanjutnya ular tersebut diamankan oleh warga sekitar," tulis @bandungtalk.

Sanca kembang atau sanca batik yang disebut juga sanca timur laut adalah sejenis ular dari suku Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang di antara ular lain. Ukuran terbesarnya dikatakan dapat melebihi 8.5 meter dan merupakan ular terpanjang di dunia.

Ular ini lebih panjang dari anakonda (Eunectes), ular terbesar dan terpanjang di Amerika Selatan. Nama lain sanca batik adalah ular sanca, ular sawah, sawah-n-etem (Simeulue), ular petola (Ambon), dan dalam bahasa Inggris reticulated python atau kerap disingkat retics. Sedangkan nama ilmiahnya yang sebelumnya adalah Python reticulatus, kini diubah genusnya menjadi Malayopython reticulatus.

AYO BACA : Ular Sanca 2 Meter Muncul saat PSBB Corona di Depok

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers