web analytics
  

Bawang Putih Obat Alami untuk Turunkan Gula Darah?

Jumat, 17 April 2020 14:00 WIB

Bawang putih bisa menurunkan gula darah. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Bawang putih bisa membantu mengurangi kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Konsumsi bawang putih juga bisa mengurangi penyakit jantung, suatu kondisi yang memengaruhi sekitar 80% penderita diabetes, demikian dilaporkan healthline.com.

Sebagian besar orang dewasa bisa mengonsumsi bawang putih dengan aman. Hanya saja, rasa, bau, dan kepedasan dari bawang putih mungkin akan mengganggu sebagian orang yang tidak terbiasa.

AYO BACA : Sering Makan Nanas Tiap Hari Tingkatkan Gula Darah?

Sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi kadar gula darah dan risiko aterosklerosis. Hal itu karena diabetes juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami peradangan terkait aterosklerosis.

Meskipun hal ini masih dalam penelitian, studi tahun 2014 juga mendukung gagasan bahwa bawang putih bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara teratur.

AYO BACA : Air Cengkeh Bisa Atur Gula Darah dan 3 Manfaat Lainnya

Risiko yang perlu diwaspadai

Bawang putih juga merupakan sumber vitamin B6 dan C. Vitamin B6 terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan vitamin C berperan menjaga kadar gula darah.

Secara umum, bawang putih bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, menurunkan tekanan darah, memiliki efek antitumor, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan bersifat antibakteri.

Namun, bawang putih yang memiliki rasa dan bau cukup kuat juga bisa menimbulkan sejumlah risiko, termasuk mulas, mual, muntah, dan diare.

Anda juga lebih mungkin mengalami efek samping tambahan jika mengonsumsi bawang putih mentah. Jika Anda sedang konsumsi obat pengencer darah, cobalah konsultasi ke dokter sebelum makan bawang putih.

AYO BACA : Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami dengan Jambu Biji

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers