web analytics
  

Sering Makan Nanas Tiap Hari Tingkatkan Gula Darah?

Jumat, 17 April 2020 13:10 WIB

Meski memiliki banyak nutrisi, rutin mengonsumsi satu nanas setiap hari bisa meningkatkan risiko gula darah. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Meski memiliki banyak nutrisi, rutin mengonsumsi satu nanas setiap hari bisa meningkatkan risiko gula darah.

Melansir Organic Welcome, Jumat (17/4/2020), berikut 5 hal yang mungkin terjadi pada tubuh jika rutin makan nanas.

1. Masalah gula darah

Nanas termasuk buah yang mengandung gula cukup tinggi. Makan nanas terlalu banyak bisa meningkatkan kadar gula darah.

Satu nanas utuh diketahui mengandung lebih dari 122 gram karbohidrat dan lebih dari 40 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

AYO BACA : Diet Enak dengan 7 Minuman yang Usir Timbunan Lemak di Perut

2. Overdosis bromelain

Bromelain adalah senyawa dalam nanas yang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, hingga membunuh sel kanker.

Namun, terlalu banyak bromelain memiliki efek samping, termasuk diare, mual, muntah dan pendarahan menstruasi yang lebih berat. Karena itu, orang yang baru saja operasi lebih baik menghindari konsumsi buah nanas.

3. Kerusakan gigi

Nanas yang sangat asam bisa membuat enamel gigi aus. Kerusakan gigi juga lebih buruk jika Anda menyikat gigi setelah mengonsumsinya. Karena enamel gigi akan melunak akibat asam sehingga lebih mudah aus ketika menyikat gigi.

AYO BACA : Ini Resep Diet dan Olahraga dari Gal Gadot, Patut Dicoba!

Jika enamel gigi hilang, gigi mungkin akan lebih sensitif terhadap panas, dingin, asam, dan pedas. Sebaiknya, minum air setelah makan nanas untuk menjaga enamel gigi.

4. Interaksi obat

Karena bromelain dalam nanas bisa mengencerkan darah, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah lebih baik tidak memakannya. Adapun obat-obatan yang bisa berinteraksi ketika Anda mengonsumsi bromelain dalam nanas, termasuk antibiotik, sedatif, dan obat antikejang.

Bromelain juga bisa meningkatkan efek samping dari minum obat, terutama antibiotik. Misalnya, makan nanas bersama dengan amoksisilin bisa menyebabkan hal-hal buruk seperti nyeri dada, hidung berdarah, kedinginan, demam dan pusing.

5. Alergi

Sebenarnya nanas merupakan alergen yang sangat umum dengan gejala ringan. Tetapi, gejalanya bisa sangat parah pada orang yang paling sensitif.

Biasanya orang yang mengalami alergi nanas mengalami bibir lembut dan bengkak serta sensasi gatal atau kesemutan di tenggorokan. Reaksi alergi yang lebih serius bisa termasuk gatal-gatal dan muntah.

Pada kasus yang lebih parah, gejalanya akan berlangsung dalam beberapa jam.

AYO BACA : Ingin Diet Berhasil dan Sehat, Lakukan 4 Hal Ini di Akhir Pekan

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers