web analytics
  

Bahaya Hand Sanitizer dengan Kandungan Alkohol yang Terlalu Tinggi

Jumat, 17 April 2020 12:19 WIB

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jabar menggunakan hand sanitizer di Masjid Al Muttaqin, Komplek Gedung Sate, jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (3/3/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Penggunaan hand sanitizer dengan kandungan alkohol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah kulit, salah satunya kulit tangan menjadi kering.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kandungan alkohol yang terlalu tinggi pada hand sanitizer bisa mengakibatkan kulit tangan kering.

"Hand sanitizer alhokol gak perlu sampai 90%. Karena semakin tinggi kandungannya, itu yang bikin tangan kita cepet kering. WHO minta minimal 60% udah cukup," kata dokter Spesialis kulit dan kelamin Henry Tanojo saat siaran langsung melalui akun Instagramnya, Kamis (16/4/2020).

Henry mengatakan, Persatuan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) menyarankan setelah menggunakan hand sanitizer sebaiknya juga memakai pelembap.

AYO BACA: Apa yang Harus Disiapkan di Rumah Kalau Lockdown?

AYO BACA: Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

AYO BACA: Jangan Taruh Makanan dan Ponsel di Bagasi Motor!

Pelembap bisa dioleskan di telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari. Pengolesan persis seperti ketika mencuci tangan.

"Kalau mereka yang ada eczema (eksim kulit kering) pakai yang mengandung ceramide, tentu lebih baik. Kalau general population pakai apa pun gak apa-apa. Sedapat mungkin (pelembap), jangan ada pewarna, perasa, cari yang senetral mungkin," ujarnya.

Pada prinsipnya, kata Henry, mencuci tangan lebih baik dengan sabun dan air mengalir. Sabun yang digunakan pun tak perlu harus antiseptik. Sabun pencuci tangan biasa dinilai sudah cukup.

Paling penting mencuci tangan dengan benar mulai dari telapak tangan, punggung tangan, juga sela-sela jari.

"Yang penting durasi cuci tangan gak boleh terlalu cepat, 20 detik dengan air mengalir. Kalau kepepet banget baru disinfektan kita pakai," kata Henry.

AYO BACA: Cara Buat Masker Anticorona Murah dan Ramah Lingkungan ala Dokter Taiwan

AYO BACA: Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

AYO BACA: Waspadai, Ini 5 Gejala Positif Corona Covid-19 yang Tidak Umum

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers