web analytics
  

Kantin Masjid Salman ITB Disulap Jadi Lumbung Pangan Perkotaan

Kamis, 16 April 2020 21:28 WIB Dadi Haryadi

Kantin Masjid Salman ITB Disulap Jadi Lumbung Pangan Perkotaan. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Rumah Amal Salman menyulap Kantin Masjid Salman ITB menjadi Lumbung Pangan Perkotaan. Inovasi ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi dan diperkirakan hingga akhir Ramadan.

Ruangan yang dahulunya digunakan sebagai kantin masjid, kini dialihfungsikan sebagai tempat penyimpangan ribuan sembako untuk keluarga rentan ekonomi.

AYO BACA : Salman ITB Kembangkan Vent-I, Ventilator Alternatif untuk Pasien Covid-19

Rumah Amal Salman melakukan pengepakan sembako. yang terdiri dari 1 karung beras per 20 kg, 3 liter minyak goreng, 1 dus mie instan, 2 kaleng sarden per 155 ml, 1 kaleng sarden 425 ml, dan 1 bungkus abon ayam per 150 gram. 

Rencananya pada tahap awal, sebanyak 1.100 paket akan disalurkan untuk masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya, juga untuk marbot masjid dan asatid. 
Ditargetkan sebanyak 3.325 paket sembako dapat tersalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak dari wabah Corona. 

AYO BACA : Pemateri Positif Covid-19, Masjid Salman ITB Terapkan Lockdown

Direktur Rumah Amal Salman, M. Kamal Muzakki menyebutkan dengan adanya Lumbung Pangan Perkotaan ini, pihaknya berharap mampu membantu warga yang kurang mampu.

"Peristiwa ini juga menjadi pelajaran besar bagi kita semua untuk saling menguatkan diri dan lingkungan sekitar, saling berbagi dan bahu-membahu,” ujarnya, Kamis (16/4/2020).

Sejak awal virus corona dinyatakan menjadi masalah pandemi, Rumah Amal Salman cukup tanggap bergerak membantu kebutuhan masyarakat. Sebagai laporan, sebanyak 787 paket hand sanitizer sudah disalurkan untuk tempat umum dan warga rentan terjangkit, 280 paket nutrisi imun untuk tenaga kesehatan dan peneliti COVID-19 di Bandung, serta 200 sembako untuk warga Kecamatan Coblong.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengalami kesehatan dan ekonomi rentan, Rumah Amal Salman juga ikut andil memberikan bantuan kepada tenaga medis untuk penyediaan Alat Pelindung Diri. 

“Semoga Lumbung Pangan Perkotaan ini juga dapat membantu fungsi pemerintah dalam ketahanan pangan dan jaring pengaman sosial,” tambah Kamal.

AYO BACA : Belasan Kader Diisolasi Mandiri, Masjid Salman ITB Ditutup 14 Hari

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers