web analytics
  

Hewan Terpanjang di Dunia Ditemukan di Laut Australia

Kamis, 16 April 2020 02:00 WIB
Umum - Unik, Hewan Terpanjang di Dunia Ditemukan di Laut Australia, Australia, hewan terpanjang di dunia, hewan unik

Binatang terpanjang di dunia, Siphonophore. (Montereybayaquarium.org)

SIDNEY, AYOBANDUNG.COM -- Para ilmuwan menemukan binatang terpanjang di dunia yang hidup di ngarai bawah laut, pantai lepas Australia. Disebut Siphonophore, hewan itu memiliki panjang hingga 45 meter.

Siphonophore sama seperti karang dan merupakan gabungan dari banyak "zooids" kecil. Sekilas, hewan tersebut tampak seperti tali.

"Ini adalah binatang terpanjang yang pernah ditemukan," ucap para ilmuwan dari Schmidt Ocean Institute, seperti dikutip laman Live Science, Rabu (15/4/2020).

29052-binatang-terpanjang-di-dunia-siphonophore
ga bar

Binatang terpanjang di dunia, Siphonophore. (Twitter)

Zooids sendiri sebenarnya merupakan satu hewan yang utuh, namun mereka hidup saling menempel dengan sesama zooids lain, sehingga membentuk satu organisme yang lebih besar.

Menurut sebuah artikel penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Developmental Dynamics pada 2005, Zooids terlahir secara seksual dan masing-masing melakukan fungsi untuk tubuh Siphonophore yang lebih besar.

Koloni Zooids dalam bentuk Siphonophore bisa mencapai panjang 40 meter. Namun baru kali ini, para penjelajah bawah air menemukan Siphonophore terpanjang, tepatnya ketika kapal penelitian menjelajahi ngarai laut dalam di dekat Ningaloo Coast, Australia.

Binatang ini ditemukan berkat kendaraan yang dioperasikan jarak jauh (ROV) yang disebut ROV SuBastian ketika tengah mengeksplorasi dan mengumpulkan sampel dari area laut dalam yang belum dijelajah.

Selain itu, para ilmuwan juga menemukan koloni besar glass sponge dan contoh terbesar Siphonophore dari genus Apolemia.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers