web analytics
  

5 Cara Membuat Sayuran Hijau Lebih Tahan Lama

Rabu, 15 April 2020 12:11 WIB
Gaya Hidup - Wisata, 5 Cara Membuat Sayuran Hijau Lebih Tahan Lama, sayuran, corona, tips masak, tips belanja,

Seorang pedagang menyiapkan sayuran yang dipesan oleh pembeli melalui aplikasi WhatsApp di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Rabu (8/4/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sayuran memiliki masa penyimpanan yang relatif pendek. Akibatnya, jika terlalu banyak ditampung, sayuran hijau bisa cepat layu dan berlendir.

Namun, jangan khawatir. Ada 5 cara yang bisa Anda dilakukan agar masa penyimpanan sayuran hijau bisa lebih pajang.

Dilansir dari Health, Rabu (15/4/2020), ini 5 cara membuat sayuran hijau lebih tahan lama.

Trik membeli i: pilih sayur dalam wadah

Saat berbelanja sayuran hijau, pilih sayuran yang disimpan dalam wadah plastik clamshell. Wadah ini berfungsi untuk melindungi sayur dari benturan selama proses distribusi yang panjang. Wadah ini juga bisa digunakan ulang untuk menyimpan sayuran lain di rumah.

AYO BACA: Pandemi Corona, Resepsi Pernikahan Polisi Dibatalkan Setelah Persiapan Setahun

AYO BACA: 5 Pembersih Rumah Ini Bisa Basmi Covid-19

AYO BACA: Jahe dan Kunyit, Mana yang Lebih Berkhasiat?

Trik membeli ii: pilih yang lebih tahan lama

Beberapa sayuran seperti selada mentega cenderung layu lebih cepat. Saat membeli sayuran hijau, sebaiknya pilih sayuran yang bisa bertahan dalam kondisi segar lebih lama seperti arugula, selada air, bayam baby dan kale baby. Selain bisa tetap segar dalam waktu yang lebih lama, sayuran-sayuran ini juga bisa dikreasikan menjadi beragam sajian.

Trik membeli iii: cari yang paling segar

Sayuran hijau biasanya dijual dalam kondisi ditumpuk. Luangkan sedikit waktu untuk mencari sayuran yang paling segar. Sayuran yang diletakkan paling atas atau paling depan biasanya memiliki masa kedaluwarsa paling dekat.

Trik menyimpan i: handuk kertas

Bila membeli sayuran hijau yang dikemas dalam plastik, masukkan selembar paper towel atau handuk kertas ke dalam plastik tersebut. Handuk kertas berfungsi untuk menyerap kelembapan yang dapat membuat sayuran hijau cepat layu.

Dengan memasukkan handuk kertas, sayuran hijau bisa bertahan dalam kondisi segar lebih lama. Ganti handuk kertas ini setiap hari untuk hasil yang terbaik.

AYO BACA: Virus Corona Covid-19 Menyebar Lewat Makanan Kemasan, Benarkah?

AYO BACA: Pemuka Agama di Bandung Diduga Tularkan Corona ke 226 Jemaat

AYO BACA: Jangan Taruh Makanan dan Ponsel di Bagasi Motor!

Trik menyimpan ii: wadah terpisah untuk selada

Selada juga kerap dijual dalam kemasan plastik. Selada sebaiknya dikeluarkan dari plastik tersebut dan diletakkan ke dalam wadah kedap udara.

Sebelum memasukkan selada ke wadah, lapisi dasar wadah dengan handuk kertas yang berfungsi untuk menyerap kelembapan. Setelah itu, letakkan selada di atas handuk kertas tersebut. Tutupi kembali bagian atas selada dengan handuk kertas.

Simpan wadah berisi selada ini di kulkas bagian bawah yang dikhususkan untuk menyimpan sayuran atau crisper drawer. Pastikan tidak menempatkan terlalu banyak selada di dalam wadah agar ada ruang kosong yang tersisa.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers