web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Intip Uniknya Cara Ngopi di 6 Negara Ini

Rabu, 15 April 2020 02:00 WIB

Ilustrasi ngopi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kopi merupakan minuman favorit masyarakat hampir di seluruh dunia. Namun, ternyata tak semua negara punya kebiasaan ngopi yang sama.

Setiap penikmat kopi di berbagai belahan negara punya cara sendiri untuk menikmati kopinya. Yuk intip bagaimana uniknya masyarakat di negara-negara ini dalam menyeruput kopi.

1. Jepang

Budaya Jepang sangat memengaruhi cara penduduknya dalam menikmati kopi. Jepang adalah negara sibuk, dengan penduduk yang sangat disiplin dan pekerja keras. 

Hampir sebagian besar waktu penduduk Jepang dihabiskan untuk bekerja. Jadi, mereka tidak mungkin rela menggunakan waktu untuk duduk-duduk sambil minum kopi.

Penduduk Jepang lebih suka segala sesuatu yang praktis dan efisien, termasuk dalam menikmati kopi.

Maka dari itu, penduduk Jepang lebih suka minum kopi instan kemasan yang dijual di vending machine. Mereka bisa menikmatinya dalam keadaan dingin.

2. Vietnam

Cara ngopi di Vietnam cukup unik. Tradisi itu merupakan budaya peninggalan bangsa Perancis sejak 1800-an.  

Penduduk Vietnam biasanya ngopi dengan memfilter kopi yang disaring di gelas dengan saringan khusus. Mereka menyebutnya dengan istilah Vietnam drip.

3. Kanada

Penduduk Kanada biasanya minum kopi ketika cuaca dingin. Mereka minum kopi dalam keadaan panas. Kopi panas yang baru diseduh diseruput perlahan-lahan hingga habis. Warga Kanada cukup sabar minimum kopi sedikit demi sedikit.

4. Italia

Orang Italia memang dikenal sangat gila ngopi. Budaya minum kopi sudah berlangsung selama turun-temurun.

Gaya yang paling khas dari warga Italia dalam menikmati kopi adalah mereka menikmati kopi tidak sendirian. Jadi, kopi diminum sedikit-sedikit sambil berbincang santai dengan teman ngobrol. Nggak beda jauh ya sama di Indonesia kalau ini.

5. Yunani

Penduduk asli Yunani tidak begitu suka kopi murni. Mereka lebih suka kopi dengan berbagai rasa. Kayak kopi susu atau kopi instan. Olahan ini disebut juga Frappe.

6. Indonesia

Stereotip cara ngopi di Indonesia adalah ngopi sambil ngemil, biasanya sih sambil ngemil gorengan. Camilan yang satu ini sudah menjadi makanan favorit kala sedang santai.

Kalau nggak percaya, coba aja telusuri kedai-kedai kopi di berbagai kampung yang ada di Indonesia, pasti tersedia aneka jenis gorengan.

Bahkan di kafe-kafe yang notabene menjadi tempat nongkrong mewah pun menyediakan gorengan sebagai pelengkap menyeruput kopi.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers