web analytics
  

Virus Corona Bisa Menempel di Sepatu? Ini Kata Ahli

Selasa, 14 April 2020 18:33 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Virus Corona Bisa Menempel di Sepatu? Ini Kata Ahli, corona, sepatu, penyebaran virus corona,

[Ilustrasi] Virus corona diklaim bisa bertahan di sepatu selama 3 hingga 5 hari. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Ahli virologi merekomendasikan agar hanya memakai sepasang sepatu saat keluar rumah ketika pandemi Covid-19. Kemudian, sepasang sepatu itu harus dilepaskan segera setelah tiba di rumah.

Dilansir di laman The Independent, Selasa (14/4/2020), seorang dokter A&E, dr Javid Abdelmoneim dan ahli virologi dr Lisa Cross membahas saran tersebut di Coronavirus Channel 4: How Clean Is Your House. Keduanya menjelaskan kepada sepasang suami istri mengenai cara virus corona mencemari rumah.

Menurut dr Cross, virus dapat bertahan pada bahan-bahan seperti sol sepatu karet sekitar 3 hingga 5 hari. Oleh karena itu, dia merekomendasikan untuk menggunakan hanya sepasang sepatu untuk masuk dan keluar dari rumah.

“Sebaiknya, simpan sepatu di tempat yang sama, baik di lorong atau kotak untuk meminimalkan risiko penyebaran virus di sekitarnya,” kata dia.

Dia melanjutkan, secara pragmatis, sepatu berada di bagian tubuh yang paling jauh dari wajah. Namun, sesuai yang kita tahu, risiko penularan terbesar adalah dari orang satu ke orang lain, bukan sepatu ke orang.

Para ahli juga menyarankan untuk melepas dan mencuci pakaian mereka jika mereka harus menggunakan transportasi umum atau melakukan kontak dekat dengan banyak orang. Sebab, virus corona dapat hidup dengan pakaian hingga 24 jam.

Dr Cross juga membahas pedoman keamanan makanan. Menurutnya, makanan dari pengiriman atau perjalanan toko kelontong harus dilap dengan sabun dan air di area yang ditunjuk khusus.

“Sebaiknya agar orang membuang kemasan aslinya dan meletakkannya di wadah terpisah,” kata dia.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers