web analytics
  

Kebun Binatang Bandung Ditutup hingga 29 Mei

Jumat, 10 April 2020 14:00 WIB Fira Nursyabani
Bandung Raya - Bandung, Kebun Binatang Bandung Ditutup hingga 29 Mei, Berita bandung, bandung hari ini, ayobandung, kebun binatang bandung

Seorang pawang satwa memberi makan sepasang jerapah di Kebun Binatang Bandung, Senin (2/3/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Kebun Binatang Bandung atau sekarang dinamakan Bandung Zoological Garden akan ditutup hingga 29 Mei mendatang. 

Keputusan ini diambil mengacu pada keputusan yang diambil oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) yang menyatakan indonesia berstatus darurat Covid-19 hingga 29 Mei.

"Itu artinya kebun binatang tetap menjaga satwa satwanya seperti biasa namun tidak menerima pengunjung pada masa tutup tersebut," ujar Marcom Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafi'i, dalam pernyataan resmi yang diterima Ayobandung.com, Jumat (10/4/2020).

AYO BACA : Kebun Binatang Ditutup, Sepasang Panda Akhirnya Kawin Setelah 10 Tahun

Beberapa hal yang akan dilakukan Kebun Binatang Bandung adalah tetap menjaga satwa-satwa dalam kondisi sehat. Selain itu, Kebun Binatang Bandung tetap memberikan peluang pada karyawan untuk masuk kerja secara bergantian untuk memberi pakan pada satwa-satwa yang ada.

Selama ini karyawan harian sudah dirumahkan namun akan dipanggil kembali saat kebun binatang dibuka. Saat ini karyawan yang masuk adalah bagian konservasi, tim medis, kurator, tim dokter, security, dan juga bagian marcom.

Satwa di Kebun Binatang Bandung diupayakan tetap dalam kondisi bugar dan tetap bisa dilakukan beberapa latihan. Salah satunya latihan pemberian makan pada jerapah agar bisa dilakukan para pengunjung saat Kebun Binatang Bandung kembali dibuka.

AYO BACA : Merugi Akibat Corona, Sejumlah Kedai Kopi di Bandung Tutup Sementara

"Latihan ini dilakukan setiap hari. Seperti mengajak jerapah datang menghampiri panggung yang nanti digunakan untuk pengunjung memberi makan jerapah tersebut," jelasnya.

Ada juga gajah yang harus diajak berjalan beberapa putaran di track satwa tunggang. Satwa-satwa seperti orang utan, harimau, tapir,  binturung, dan lainnya tetap harus dikeluarkan dari kandang pada malam hari ke kandang peraga.  

"Mereka juga harus terpapar matahari agar sehat," kata dia.

Dalam menjaga sekitar 850 satwa yang ada di Kebun Binatang Bandung, manajemen mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk pakan. Meskipun tidak ada pemasukan, Kebun Binatang Bandung tetap menjaga kualitas dan mutu pakan yang diberikan kepada satwa-satwa yang ada di dalam. 

"Begitu juga berkaitan dengan kesehatannya, tim dokter juga tetap stand by bergantian setiap hari untuk memantau kesehatan pada satwa-satwa kami." ungkapnya.

AYO BACA : Dampak Corona, Ini Daftar Hotel di Kota Bandung yang Tutup Sementara

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers