web analytics
  

5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh Pada Anak

Jumat, 10 April 2020 09:00 WIB Vina Elvira
Gaya Hidup - Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh Pada Anak, Tips kesehatan, kekebalan tubuh, tips anak

Ilustrasi anak makan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Cuaca dingin membuat anak-anak rentan terjangkit berbagai penyakit, yang umumnya dikaitkan dengan musim dingin seperti pilek dan flu, infeksi tenggorokan, dan masalah perut. 

Tentu semua ibu di dunia ini pasti merasa khawatir akan kemungkinan anak-anaknya sakit, terutama jika sang ibu  sedang bekerja.

Anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh mereka yang sedang berkembang, sangat rentan terhadap infeksi seperti itu dalam cuaca dingin seperti belakangan ini.

Cuaca dingin membuat mereka rentan terhadap banyak penyakit, yang umumnya dikaitkan dengan musim dingin seperti pilek dan flu, infeksi tenggorokan, dan masalah perut. Karena anak-anak lebih riang dan senang tinggal di luar rumah, mereka pasti lebih rentan terhadap infeksi dan masalah kesehatan. 

Agar mereka tetap sehat, antioksidan kuat yang kaya akan vitamin C sangat diperlukan agar kekebalan tubuh anak semakin kuat.

Tetap terhidrasi setiap saat, makan sayuran berdaun hijau, dan dan rutin ngemil kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari adalah beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan

AYO BACA : Kenali Kejang Demam pada Anak

Melansir dari food.ndtv (3/1/2020), berikut 5 makanan yang dapat tingkatkan kekebalan tubuh anak:

1. Buah dan sayuran

Semua buah-buahan dan sayuran sangat kaya akan antioksidan penting dan vitamin. Kelompok makanan ini rendah kalori ini, dikemas dengan vitamin A dan C yang membantu membangun kekebalan pada anak. 

Yang terbaik untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari adalah, buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, pepaya, beri dan sayuran seperti labu, bawang, sayuran berdaun hijau tua dan lain-lain.

2. Yogurt

Yogurt memiliki potensi besar sebagai agen pelindung tubuh dan anti infeksi. Rutin mengonsum si yogurt, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit terkait kekebalan tubuh seperti infeksi. 

AYO BACA : Kenali Tanda-tanda Mata Minus pada Anak

Camilan sehat ini dikemas dengan kalsium dan beberapa nutrisi lain yang membantu menjaga tulang semakin kuat dan sehat. Yoghurt juga dapat membantu si kecil merasa lebih kenyang.

3. Protein hewani

Protein dari sumber hewani mengandung sejumlah besar asam amino esensial, yang merupakan keharusan bagi sel-sel kekebalan tubuh. 

Mereka ditemukan dalam ikan, unggas, keju, telur, dan susu. Vegetarian bisa mendapatkan protein mereka dalam biji-bijian dan kacang-kacangan seperti kedelai, rajma, buncis, dan lain-lain.

4. Kacang-kacangan

Kacang kenari dan almond memiliki kandungan asam lemak omega-3 sehat, yang membantu tubuh Anda melawan penyakit. Satu studi kecil menemukan bahwa omega-3 terbukti mengurangi jumlah infeksi pernapasan pada anak-anak.

Kacang kenari mudah ditaburkan ke dalam camilan atau sereal si kecil.

5. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, dan kunyit memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Rempah juga merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh dan juga merupakan antioksidan. Bawang putih membantu mencegah gejala pilek dan flu.

AYO BACA : Begini Cara Siasati Imunisasi Rutin Anak Selama Pandemi Corona

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers