web analytics
  

3 Kesalahan Menggunakan Masker yang Harus Dihindari

Kamis, 9 April 2020 11:57 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 3 Kesalahan Menggunakan Masker yang Harus Dihindari, virus corona, virus corona cina, virus di cina, penyakit menular di cina, bandara husein sastranegara, Wuhan, corona di indonesia, apotek beijing, masker korona, hiv/aids

Ilustrasi (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Orang-orang diwajibkan untuk mengenakan masker saat berada di tempat publik. Namun, penggunaan masker juga ada aturannya agar benar-benar mampu menghalau virus corona. Melansir dari Business Insider, berikut adalah kesalahan paling umum yang harus Anda hindari.

1. Tidak Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Mengenakan Masker

Dr. Dean Winslow, seorang spesialis penyakit menular di Stanford Health Care menyatakan bahwa tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah memakai masker adalah sebuah kesalahan.

"Profesional non-medis harus benar-benar mencuci tangan sebelum mengenakan masker. Kemudian, begitu mereka tiba di rumah, setidaknya mereka harus mencuci tangan setelah mereka melepas masker kain mereka dan menaruhnya di keranjang cucian," kata Winslow pada Business Insider.

AYO BACA : Posko Covid-19 PKB Sediakan Hand Sanitizer dan Masker Gratis

2. Tidak Menutup Hidung dan Mulut Seluruhnya

Saat Anda mengenakan masker, pastikan masker  menutupi hidung dan mulut Anda. Selain itu, masker juga harus terasa pas dan nyaman saat digunakan.

Mengalihbahasakan Business Insider, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan masker harus menutupi hidung dan mulut serta tidak ada celah antara wajah dan masker.

Menurut CDC, ada beberapa yang harus diperhatikan dalam menggunakan masker kain:
- Pas dan nyaman, menutupi mulit hidung dan di sisi wajah;
- Diikat atau dikaitkan di telinga;
- Terbuat dari beberapa lapis kain;
- Tidak membatasi pernapasan.

AYO BACA : Cegah Covid-19, Ridwan Kamil: Gunakan Masker Kain saat Beraktivitas

3. Terlalu Sering Menyentuh Masker

Sering menyentuh masker Anda untuk membetulkan posisinya atau melepas dengan cara menyentuh bagian luar masker juga merupakan kesalahan.

Menurut WHO, saat menyentuh masker untuk menyesuaikannya, maka Anda perlu membersihkan tangan seteahnya.

"Orang-orang harus berhati-hati untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut saat melepas penutup wajah mereka," kata pihak CDC.

"Lepaskan dari belakang, jangan menyentuh bagian depan masker," tambahnya.

Larangan menyentuh masker bagian depan disebabkan karena kemungkinan adanya partikel virus yang terperangkap di bagian luar masker. Jika menyentuhnya, partikel virus tersebut akan menempel pada tangan.

AYO BACA : DP3APM Bagikan Masker Buatan Ibu-ibu

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers