web analytics
  

5 Tip Pola Makan Sehat Selama Jalani WFH

Kamis, 9 April 2020 09:30 WIB Vina Elvira

Ilustrasi makanan bergizi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wabah corona yang terjadi saat ini membuat Anda terpaksa harus membatasi aktivitas di luar rumah. Alhasil, kegiatan belajar dan bekerja pun harus kita lakukan dari dalam rumah guna menghindari kerumunan dan berkumpul di tempat ramai.

Masa karantina yang sedang dijalani di rumah sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengubah pola makan dan pola hidup menjadi lebih sehat. 

Bagi Anda yang sedang menjalani work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, artinya Anda bisa lebih sering mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah. Hal ini, merupakan pertanda baik bagi peningkatan kesehatan tubuh.  

Manfaatkan masa WFH yang sedang dijalani dengan mengubah asupan makanan menjadi lebih sehat dan bergizi. Rutinitas baru ini bisa menjadi detoks bagi tubuh yang akan menghasilkan perubahan luar biasa untuk kesehatan.

Melansir dari food.ndtv, Selasa (7/4/2020) berikut 5 tip pola makan sehat selama menjani WFH:

AYO BACA : Ketahui, Ini Efek Buruk Doyan Makan Banyak Es Krim

1. Konsumsi makanan cukup gizi

Salah satu keuntungan dari karantina ini adalah, Anda bisa lebih sering mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah, jadi buat setiap makanan seimbang.

Konsumsilah karbohidrat moderat, protein yang cukup, beberapa produk susu, dan banyak sayuran. Makan makanan bergizi akan berdampak pada tingkat energi dan produktivitas Anda. Ini juga akan menjaga Anda dari konsumsi makanan cepat saji yang tidak baik bagi tubuh.

2. Porsi makanan sesuai kebutuhan

Pelajari dan pahami porsi Anda dan patuhi. Aktivitas fisik menurun, makan berlebihan bisa menambah berat badan. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah: setengah piring sayuran, seperempat arbohidrat, seperempat protein, dan 150-200 ml susu.

3. Perbaiki waktu makan

AYO BACA : Jaga Kesehatan Mental dan Berpikir Positif saat Wabah Corona

Hanya karena bekerja dari rumah, bukan berarti Anda bisa makan kapan saja. Pertahankan pengaturan waktu makan seperti hari kerja. Sarapan, makan siang, dan makan malam paling lambat jam 09.00 malam. Istirahat camilan di antara waktu makan utama Anda selama 10-15 menit, ini membantu menyegarkan Anda.

Simpan camilan dalam jumlah yang perlu makan di sisi Anda. Jangan pernah membawa wadah ke meja kerja. Jangan letakkan meja kerja di dekat tempat menyimpan stok makanan. Tentu Anda tidak ingin mengunyah setiap kali bangun dari meja Anda.

4. Perbanyak minum air

Simpan  sebotol air di meja kerja. Coba dan minum lebih banyak di antara waktu makan, hal ini akan mengurangi porsi makan apabila Anda sedang menjalani program penurunan berat badan.

5. Olahraga rutin

Selain mengubah pola makan, aktivitas fisik tetap diperlukan untuk menyeimbangkan kondisi kesehatan tubuh Ada selama WFH.

Ada banyak olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah, bahkan tanpa menggunakan alat peraga apapun. Hal ini akan menyempurnakan perubahan pola hidup sehat Anda untuk ke depannya.
 

AYO BACA : 3 Posisi Tidur yang Baik dan Aman untuk Ibu Hamil

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers