web analytics
  

TCT Kota Bandung Buka Program Penyemprotan Disinfektan Gratis

Sabtu, 4 April 2020 12:18 WIB Vina Elvira

Proses penyemprotan disinfektan (dok. TCT Kota Bandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tim Cepat Tanggap (Tct) Kota Bandung membuat program penyemprotan disinfektan gratis bagi warga Kota Bandung yang membutuhkan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi Tct Kota Bandung kepada masyarakat dalam memerangi penyebaran virus corona.

"Tct itu sebuah wadah organisasi relawan yang ada di Kota Bandung. Jadi kami ingin berkontribusi dengan melakukan langkah preventif untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai Covid 19. Khususnya di Bandung Raya," kata Kepala Divisi Humas Tct Bandung kepada Ayobandung.com, Jumat (3/4/2020)

Penyemprotan gratis, pertama kali dibuka pada Rabu (25/3/2020). Rencananya, kegiatan ini akan terus dilakukan hingga virus corona benar-benar pulih di Jawa Barat.

"Untuk program pertama kali itu kita buka pada hari Rabu 25 Maret lalu, dan rencana semoga tetap berjalan hingga virus corona dinyatakan nihil di Jabar khususnya, dan Indonesia pada umumnya," ungkapnya.

Menurutnya, penyemprotan disinfektan ini terbuka bagi siapapun yang membutuhkan. Baik rumah pribadi, tempat ibadah, fasilitas umum, instansi pendidikan, begitu pun dengan taman wilayah setempat.

Namun, tim Tct Kota Bandung akan melakukan sortir terlebih dahulu, terkait wilayah atau bangunan mana saja yang diprioritaskan untuk segera dilakukan penyemprotan. Hal ini karena terbatasnya alat dan tenaga yang dimiliki Tct Kota Bandung.

"Tapi kami hanya berlaku sortir untuk memilih mana yang harus didahulukan atau diprioritaskan dan mana yang akan kita masukkan ke waiting list," ujarnya.

Guna menjaga kesehatan tim di lapangan, Tct hanya melakukan penyemprotan disinfektan setiap dua hari sekali, dengan persentase tiga sampai lima kali penyemprotan dalam sehari. Namun, hal ini juga disesuaikan kembali dengan jenis dan luas bangunan yang didatangi.

"Kami laksanakan selang sehari. Jadi kalau hari ini ada penyemprotan, besoknya libur, lusa baru ada lagi. Ini juga untuk menjaga agar kami di lapangan tetep terjaga atau tetap dalam kondisi yang fit," ujarnya.

Bagi warga yang ingin melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan tempat tinggalnya, baik itu di wilayah RT atau RW, tidak perlu khawatir. Tct Kota Bandung juga menerima pemintaan penyemprotan dalam skala besar. Namun, penyemprotan tersebut hanya dilakukan di area luar rumah saja.

"Sementara kami akan melakukan penyemprotan di area luar saja, seperti jalan, taman, dan halaman. Jadi untuk per wilayah, per RT, per RW begitu," kata Shandi.

Sebagai gantinya, Tct Kota Bandung memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga setempat, terkait cara penyemprotan disinfektan mandiri di rumah.

Bagi Anda yang tempat tinggal atau fasilitas wilayahnya ingin disambangi Tct Kota Bandung, caranya sangat mudah. Cukup isi formulir permohonan melalui link yang sudah disediakan.

Setelah itu, Anda tinggal menunggu kabar lanjutan dari tim Tct Kota Bandung. Apabila permohonan disetujui, tim Tct akan menghubungi Anda dan memberitahukan jadwal penyemprotan.

"Apabila sudah mendapatkan jadwal, nanti kami akan menghubungi yang bersangkutan terkait dengan penjadwalan tanggal, hari, dan jam kegiatannya," kata Shandi.

Shandi berpesan, bagi warga yang ingin wilayahnya disemprot disinfektan bisa membantu menyediakan bahan-bahan yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dana yang dimiliki Tct Kota Bandung.

"Dan apabila tidak keberatan, bisa juga bantu kami dengan menyediakan bahan-baha yang dibutuhkan. Mengingat keterbatasan dana dan permintaan pun cukup banyak juga di Kota Bandung," ujarnya.

Sejak pertama kali beroperasi hingga saat ini, Tct Kota Bandung telah melayani 30 permintaan, dengan lebih dari 120 bangunan yang sudah berhasil disemprot cairan disinfektan.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers