web analytics
  
Banner Kemerdekaan

3 Obat untuk Redakan Sakit Akibat Gigi Berlubang

Jumat, 3 April 2020 14:00 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Sakit karena gigi berlubang. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sakit gigi, terutama disebabkan gigi berlubang, bisa membuat penderitanya sulit makan dan tidur. Bahkan, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Umumnya gigi berlubang disebabkan oleh menumpuknya bakteri akibat gigi yang jarang dibersihkan. Penumpukan ini lambat laun menyebabkan gigi berlubang, dan mengiritasi saraf yang berada di akar gigi.

Dilansir dari Himedik.com, untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang, ada beberapa pilihan obat yang umum digunakan, yaitu:

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan golongan pereda nyeri serta pereda panas. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi produksi zat penyebab pedangan, yaitu prostaglandin.

Pastikan untuk mengonsumsi paracetamol sesuai aturan pakai pada kemasan atau sesuai anjuran dokter. Hentikan penggunaan jika keluhan tidak reda setelah tiga hari mengonsumsinya.

2. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat antiinflamasi atau antiperadangan nonsteroid (OAINS) dan dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang.

Obat ini bekerja dengan menghalangi tubuh memproduksi prostagladin. Namun, dalam penggunaan obat ini harus hati-hati, sebab ada orang tertentu yang tidak direkomendasikan untuk mengonsumsinya.

Meski memiliki fungsi yang sama, paracetamol masih menjadi pilihan pertama karena minim efek samping dibandingkan ibuprofen.

3. Asam mefenamat

Asam mefenamat juga disebut sebagai obat antiinflamasi nonsteroid yang sering diberikan pada oleh dokter untuk mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang.

Sama halnya dengan ibuprofen, obat ini juga akan menghambat produksi prostaglandin sehingga peradangan akan berkurang.

Penggunaan asam mefenamat yang tidak sesuai anjuran dapat menimbulkan efek samping, di antaranya sakit maag, mual, hingga diare.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers