web analytics
  

Cegah Corona, 2 Bahan pada Sabun Cuci Tangan Ini Harus Dihindari!

Jumat, 3 April 2020 12:13 WIB M. Naufal Hafizh

Seorang warga mencuci tangannya di wastafel umum di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, Kamis (2/4/2020). Keberadaan wastafel umum mulai banyak tersebar di ruang publik guna memudahkan warga untuk menjaga kebersihannya dengan mencuci tangan guna menghidari penyebaran pandemi Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Terdapat 2 bahan dalam sabun cuci tangan yang bisa mengikis sistem pertahanan tubuh untuk mencegah virus corona Covid-19.

Dokter Diana Gall, seorang dokter dari layanan kesehatan online Doctor 4-U dari Inggris, mengatakan, kedua bahan yang harus dihindari itu, yakni triclosan dan triclocarban.

AYO BACA: 5 Langkah Mencegah Virus Corona di Rumah

AYO BACA: [Konten Edukatif Corona] Apa yang Harus Disiapkan di Rumah Kalau Lockdown?

"Mencuci tangan sangat baik untuk mencagah penularan virus corona Covid-19. Tetapi, agen antibakteri dan antijamur tertentu yang terkandung dalam beberapa produk sabun antiseptik memiliki efek buruk pada sistem kekebalan tubuh," kata Diana Gall dikutip dari Metro.

Karena itu, Diana Gall menyarankan orang untuk menghindari sabun cuci tangan antiseptik yang mengandung triclosan dan triclocarban.

AYO BACA: 7 Situs Resmi untuk Pantau Perkembangan Virus Corona di Indonesia

AYO BACA: 5 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Jika Terpaksa Keluar Rumah

Diana Gall mengatakan, bahan kimia buatan manusia yang sangat kuat ini bisa mengelupas kulit dan menghilangkan bakteri baik yang berfungsi melindungi tubuh. Kondisi itulah yang disebut melemahkan kekebalan tubuh.

Triclosan dan triclocarban adalah antimikroba yang dikembangkan pada 1960 untuk menargetkan pertumbuhan bakteri. Umumnya, antimikroba ini ditemukan dalam produk sabun, deterjen dan pasta gigi.

Lalu tahun 2016, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) melarang penjualan sabun cuci tangan antibakteri yang mengandung kedua bahan kimia tersebut.

AYO BACA: Bagaimana Corona Covid-19 Menyebar, Benarkah Melalui Jaringan 5G?

AYO BACA: Lebih Baik Mana, Cuci Tangan dengan Air atau Hand Sanitizer?

Meski begitu, beberapa produk sabun cuci tangan masih mengandung triclosan dan triclocarban. Karena itu, Diana Gall menyarakan masyarakat memeriksa kandungan dalam sabun cuci tangan sebelum membelinya.

"Walaupun bahan-bahan dalam sabun cuci tangan ini tidak mematikan, tetapi penggunaannya setiap hari bisa menghancurkan pertahanan tubuh kita. Sehingga kita akan lebih berisiko tertular virus corona Covid-19," ujarnya.

AYO BACA: Corona Masuk ke Indonesia, Ini Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

AYO BACA: Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers