web analytics
  

3 Tips Menjaga Kesehatan Kulit saat Harus Isolasi Mandiri

Jumat, 3 April 2020 11:43 WIB

Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Saat wabah virus corona dan harus berada di rumah terus menerus, berbagai masalah kulit mulai berdatangan. Melansir dari Today, Suara.com merangkum beberapa perawatan kulit yang bisa dilakukan di rumah selama isolasi mandiri.

1. Tetap Lakukan Rutinitas Kecantikan

Mentang-mentang berada di rumah, banyak orang yang mulai mengabaikan rutinitas perawatan kulit. Padahal kunci dari menjaga kesehatan kulit adalah konsistensi dalam perawatan.

"Melanjutkan rejimen normal Anda, pagi dan malam, akan membuat kulit Anda tetap sehat. Ketika Anda menyimpang dari kebiasaan, Anda akan melihat kulit kusam dan dehidrasi, bahkan hingga berjerawat," kata Ahli Kecantikan Candace Marino.

Dengan merawat kulit secara konsisten meskipun di rumah akan membuat kulit lebih tenang, terhidrasi, dan terlindung.

AYO BACA : Tip Make-up Cantik Hanya 5 Menit ala Cathy Sharon

"Bahkan alat-alat yang berada di rumah, seperti keyboard yang kotor, lampu, uap masak, pembersihan rumah akan mengganggu vitalitas kulit," kata ahli kecantikan Brigitte Beasse.

Para ahli bahkan masih menyarankan untuk menggunakan tabir surya meskipun di rumah untuk melindungi dari sinar biru pada alat elektronik. Pastikan juga untuk minum air putih yang banyak agar tetap terhidrasi.

2. Facial

Saat tempat facial dan spa sedang ditutup, maka alternatif lainnya adalah melakukan facial di rumah.

"Saya akan mendorong orang untuk melakukan facial di rumah setidaknya sekali seminggu. Ini akan membantu untuk mengangkat kotoran dari pori-pori, meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan kelebihan sel kulit mati," kata Elina Fedotova, seorang selebriti aestetic Michigan.

AYO BACA : Ini 5 Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

Fedotova memberikan tips facial mudah yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:
- Bersihkan wajah dengan milk cleanser atau micellar water kemudian bersihkan kembali dengan facial wash.
- Untuk membantu membuka pori-pori, lakukan steam dengan semangkuk air panas dicampur sedirkit minyak esensial.
- Lakukan scrub untuk membersihkan kotoran yang terjebak di pori-pori. Jika tidak memiliki scrub khusus, Anda bisa menggunakan kopi atau oatmeal.
- Setelah mencuci scrub, oleskan masker untuk mengangkat kulit mati.

3. Jangan Heran Saat Jerawat Muncul

Jerawat muncul bisa muncul saat stres, apalagi di bawah rasa tertekan saat pandemi corona Covid-19.

"Stres menghasilkan reaksi kimia dalam tubuh yang dapat mendatangkan malapetaka pada kulit, menyebabkan sensitivitas, reaktivitas, dan peradangan. Selama masa-masa stres, kortisol dilepaskan, yang dapat menyebabkan kulit menciptakan lebih banyak minyak dan keringat, lalu merangsang jerawat," kata Marino.

Sulit untuk menghindari stres selama masa-masa yang tidak pasti ini, tetapi ada beberapa cara yang dapat Anda hindari untuk membuat jerawat menjadi lebih buruk.

"Prioritasnya adalah untuk mengabaikan jerawat dengan tidak menyentuh jerawat untuk menyebarkannya atau membuat bekas jerawat," kata ahli aestetic Brigitte Beasse.

"Tidurlah dengan cukup, minum banyak air, minum probiotik, jaga pola makan yang stabil dan sehat, dan tingkatkan asupan sayuran hijau," tambahnya.

AYO BACA : Waspada, Ini 3 Bahaya Pakai Pemutih Kulit Instan

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers