web analytics
  
Banner Kemerdekaan

[CEK FAKTA] Benarkah Ilmuwan India Temukan Wujud Virus Corona di Tangan?

Jumat, 3 April 2020 10:02 WIB Fira Nursyabani

Hoaks tentang wujud virus corona yang ditemukan ilmuwan India. (Facebook)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Media sosial Facebook tengah diramaikan dengan sebuah unggahan tentang wujud virus corona yang disebut ditemukan oleh seorang ilmuwan India. Virus itu digambarkan menempel di dua tangan yang sedang berjabat tangan.

Foto yang diunggah oleh akun Asriati Sa'adah itu menuai banyak tanggapan. Pada Jumat (3/4/2020) pukul 09.45 WIB, foto tersebut sudah mendapat 232 likes, 21 komen, dan 2.500 share.

Whats-App-Image-2020-04-03-at-10-17-28

Hoaks tentang wujud virus corona yang ditemukan ilmuwan India. (Facebook) 

Namun benarkah foto tersebut merupakan foto virus corona yang menempel di tangan dan ditemukan oleh ilmuwan India?

Ayobandung.com mencoba melakukan cek fakta dengan menggunakan fitur Tin Eye. Setelah mencocokkan foto yang ada, ditemukan bahwa foto tersebut ternyata bukan merupakan foto virus corona.

AYO BACA : [CEK FAKTA] Obat Corona Pesanan Jokowi untuk Bunuh Janin?

Foto tersebut merupakan foto ilustrasi virus yang dibagikan akun penyedia foto berbayar Shutterstock pada 15 Juni 2015.

Whats-App-Image-2020-04-03-at-10-18-17

Foto ilustrasi virus milik Lightspring. (Shutterstock)

Dalam foto itu terdapat keterangan: "Penyakit menular menyebarkan ketika orang saling berjabat dengan tangan yang penuh dengan virus, kuman, dan bakteri. (Berjabat tangan) bisa menyebarkan penyakit jika kita tidak mencuci tangan."

Shutterstock menyebut foto itu milik Lightspring, kelompok penyedia foto yang berbasis di Kanada. Foto tersebut diketahui banyak digunakan oleh berbagai media yang berlangganan Shutterstock sebagai ilustrasi virus.

Sebelumnya, sejumlah media di India memang ramai memberitakan tentang wujud virus corona yang ditemukan ilmuwan mereka. Dilansir dari OneIndia, virus itu ditemukan oleh ilmuwan di Pusat Influenza Nasional-Institut Virologi Nasional (ICMR-NIV) di Pune, India.

AYO BACA : [CEK FAKTA] Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

Sampel virus SARS-Cov-2 itu diambil dari tenggorokan pasien kasus pertama di India, yang terkonfirmasi pada 30 Januari 2020. Perempuan asal Kerala itu merupakan satu dari tiga mahasiswi kedokteran yang menimba ilmu di Kota Wuhan, Cina.

52626-EFF-8-E1-C-441-B-943-F-D666505-E48-ED

Wujud virus corona yang ditemukan ilmuwan India. (dok. Indian Journal of Medical Research)

Hasil pengurutan sampel gen yang dilakukan di laboratorium ICMR- NIV menunjukkan, virus yang ditemukan memiliki kecocokan 99,98% dengan yang berada di Wuhan. Tampak virus berbentuk bundar yang garis selubungnya bebentuk seperti serpihan batu kecil.

Penemuan wujud virus corona itu dituang dalam Indian Journal of Medical Research.

 

Kesimpulan

Wujud virus corona yang tersebar di akun Facebook Asriati Sa'adah itu dipastikan hoaks. Sejumlah jurnal kesehatan telah banyak mengungkap wujud virus corona yang sebenarnya, yang memiliki mahkota di atasnya.

Masyarakat diminta untuk tidak menyebarkan kabar-kabar yang belum diketahui kebenarannya, terutama tentang virus corona, karena dapat menimbulkan kepanikan. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan cuci tangan di setiap kesempatan.

AYO BACA : [CEK FAKTA] Tahan Napas 10 Detik Bisa Tes Gejala Corona Covid-19?

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers