web analytics
  

Ini 5 Penyebab Munculnya Jerawat di Dahi yang Perlu Anda Tahu

Kamis, 2 April 2020 17:21 WIB Vina Elvira
Gaya Hidup - Sehat, Ini 5 Penyebab Munculnya Jerawat di Dahi yang Perlu Anda Tahu, tip menghilangkan jerawat di dahi, jerawat di dahi,

ilustrasi dahi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Timbulnya jerawat di dahi, sering terasa menyulitkan. Hal pertama yang muncul di pikiran mungkin ketika melihat jerawat di dahi adalah bagaimana cara menyembunyikannya. Sebab, jerawat di dahi sangat mudah menjadi perhatian bagi siapapun yang melihatnya.

Tidak peduli seberapa kecil jerawat atau tonjolan kecil yang ada di dahi Anda, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan merawatnya. Jangan pernah berpikir untuk menyentuh atau memencet jerawat tersebut. Jika itu tetap dilakukan, jangan menyesal jika akhirnya akan ada bekas luka di dahi Anda yang akan semakin memperburuk penampilan.

Sebelum Anda berencana untuk merawat jerawat di dahi, ada baiknya memahami terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab munculnya jerawat tersebut.

Melansir dari Boldsky, Rabu (1/4/2020) berikut 5 penyebab munculnya jerawat di dahi:

1. Pori-pori yang tersumbat

Kulit Anda menghasilkan minyak alami yang dikenal sebagai sebum. Diproduksi di kelenjar sebaceous, sebum memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk melindungi kulit dan menjaganya tetap lembab.

Minyak ini disekresikan melalui pori-pori kulit,  dan produksi minyak berlebih bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Dan pori-pori yang tersumbat, menyebabkan timbulnya jerawat.

AYO BACA : Tak Dilarang Operasi, Angkutan Umum di Tasik Disemprot Disinfektan

Tapi, tersumbatnya pori-pori, tidak hanya disebabkan oleh produksi minyak berlebih, kotoran dan polisi yang menempel di wajah juga bisa membuat pori-pori Anda tersumbat dan menyebabkan jerawat.

2. Perubahan hormon dan stres

Sebagian besar dari Anda telah menghadapi jerawat sejak masa remaja Alasannya adalah perubahan hormon saat pubertas.

Perubahan hormon dan stres dapat meningkatkan produksi minyak kulit dan ini menyebabkan pori-pori tersumbat, karenanya timbulah jerawat.

Perubahan hormon selama siklus menstruasi juga bisa menjadi penyebab jerawat di dahi Anda.

3. Make-up

Apakah Anda pengguna make-up? Dan seberapa sering Anda merasa malas untuk menghapus make-up sebelum tidur?

AYO BACA : Usaha Lumpuh, Pedagang Batik Pasar Banting Setir Jadi Penjual Masker

Jika jawabannya cukup sering, itulah alasan timbulnya jerawat di dahi. Tetap menggunakan make-up saat Anda tidur dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat di dahi.

4. Produk perawatan rambut

Jerawat di dahi cukup dekat dengan garis rambut Anda, kesalahan pada produk rambut mungkin menjadi alasannya.

Jika Anda memiliki rambut berminyak dan Anda tidak sering keramas, minyak dapat menempel di dahi, menyumbat pori-pori kulit, dan dengan demikian menyebabkan jerawat di dahi.

Tapi rambut berminyak bukan hanya penyebabnya, produk perawatan rambut yang kita gunakan, seperti shampoo, conditioner, atau minyak rambut, juga bisa menjadi alasan timbulnya jerawat di dahi.

5. Iritasi pada kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, ini mungkin menjadi alasan timbulnya jerawat di dahi.

Iritasi kulit pada produk perawatan kulit yang Anda gunakan, dapat menyebabkan jerawat.

Deterjen atau produk lain yang Anda gunakan pada pakaian Anda, mungkin mengandung bahan-bahan yang mengiritasi kulit Anda, dan menyebabkan jerawat di dahi atau bagian tubuh lainnya.

AYO BACA : Sampai Bikin Stres, Curhat Orang Tua Soal Belajar dari Rumah

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers