web analytics
  

Surplus Masker, Taiwan Siap Ekspor ke Negara Terdampak Covid-19

Kamis, 2 April 2020 06:00 WIB Fira Nursyabani

Ilustrasi masker untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

TAIPEI, AYOBANDUNG.COM – Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen, mengatakan negaranya akan memberikan sumbangan ke negara yang terkena dampak serius dari Covid-19 pada Rabu (1/4/2020).

Tsai menjelaskan, Taiwan sudah menaikan produksi masker sehingga mereka dapat memberikan masker kepada negara lain yang mengalami kenaikan besar pada jumlah kasus Covid-19.

Kementerian Perdagangan Taiwan mengatakan produksi harian masker Taiwan sudah melewati 13 juta masker. Empat kali lipat dari produksi pada awal bulan Februari yang berjumlah 3.2 Juta masker.

Selain itu, Taiwan akan menyumbangkan obat-obatan dan peralatan medis ke negara yang membutuhkan dan akan terus menyumbangkan masker kepada negara lain berdasarkan kemajuan produksi masker mereka.

“Kami akan sumbangkan surplus masker dan persediaan lain kepada rekan kita dan negara yang membutuhkan. Barang-barang ini akan diberikan langsung kepada pekerja medis di garda depan yang berkerja 24 jam menyelematkan nyawa.” Jelas Tsai, dikutip Reuters.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu menjelaskan, 7 Juta masker akan dikirimkan ke negara-negara Eropa seperti Spanyol, Italia, dan Inggris, 2 Juta Masker akan dikirimkan ke Amerika Serikat, dan sisanya akan dikirimkan ke negara-negara yang memiliki hubungan diplomasi dengan Taiwan.

“Taiwan bisa bantu, dan Taiwan akan bantu.” seru Joseph pada konferensi pers bersama dengan Tsai.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers