web analytics
  

Meski Gratis, Diskar Diskar PB Kota Bandung Belum Layani Disinfeksi Pemukiman Warga

Rabu, 1 April 2020 18:17 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Penyemprotan Disinfektan oleh Petugas Pemadam Kebakaran. (istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah jalan protokol Kota Bandung. Disinfeksi secara masif ini dilakukan dalam rangka mencegah dan menghambat terjadinya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kota Bandung. 

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana mengatakan, sejauh ini pihaknya tengah melakukan penyemprotan di ruang-ruang publik dan jalur utama pusat kota yang tersebar di empat wilayah yakni, UPT Barat, UPT Utara dan UPT Timur serta UPT Selatan.

Berdasarkan jadwal penyemprotan, sejumlah jalan Protokol Kota Bandung yang telah didisinfeksi yakni kawasan Alun-alun, Kodiklat AD, Ruang Publik Kawasan Cipedes Kecamatan Sukajadi, Ruang Publik Kawasan Aria Graha, Taman Sakura Indah Kelurahan Sukahaji Kecamatan Babakan Ciparay, Kawasan Gempol sari, (Pasar Pola, Pasar Tumpah) Kecamatan Bandung Kulon, Plaza Balai Kota, Halaman Masjid Al Ukhwah, Gereja HKBP Riau, M. Salaman, hingga kawasan Wilayah Kecamatan Rancasari.

AYO BACA : Diskar PB Kota Bandung Semprotkan Cairan Teepol di Ruang Publik

"Untuk penyemprotan gratis, tapi sementara ini tidak melayani warga, baru jalan-jalan protokol," kata Dadang kepada Ayobandung.com, Rabu (1/4/2020).

Senada, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung, Sihar Pandapotan Sitinjak mengatakan, penyemprotan disinfektan di Kota Bandung ini tidak dipungut biaya alias Gratis.

Bahkan Sihar mengatakan, penyemprotan disinfektan di wilayah pemukiman beserta aktivitas kegiatan relawan yang membagikan dan menyemprot di pemukiman warga seharusnya tak dipungut biaya.

AYO BACA : Diskar PB Bandung dan Warga Mulai Bersihkan Lumpur Sisa Banjir di Guruminda

"Pastinya graris, karena merupakan tugas kita. Bahkan kegiatan relawan yang membagikan dan menyemprot di warga masyarakat itu juga gratis," kata Sihar saat dikonfirmasi Ayobandung.com secara terpisah.

Hanya saja, Sihar mengatakan, untuk jadwal penyemprotan saat ini pihaknya baru melakukan penyemprotan untuk area publik dan jalan protokol. Karenanya, Sihar mengimbau masyarakat sementara ini untuk melakukan penyemprotan secara mandiri. 

Namun Sihar menambahkan, untuk protokol atau tata cara penyemprotan yang aman dan tepat, masyarakat dapat berkonsultasi dengan diskar PB Kota Bandung.

"Jadwal kita hanya untuk area publik dan jalan protokol. Kalau untuk pemukiman diharapkan melakukan penyemprotan mandiri. Namun untuk protokol atau tata cara penyemprotan dapat berkonsultasi dengan diskar PB," ujarnya.

AYO BACA : Cerita Unik Diskar PB Kota Bandung, Tak Hanya Tangani Api

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers