web analytics
  

5 Resep Minuman Detoks untuk Dikonsumsi Setiap Pagi

Senin, 30 Maret 2020 08:51 WIB Vina Elvira
Gaya Hidup - Sehat, 5 Resep Minuman Detoks untuk Dikonsumsi Setiap Pagi, Tips kesehatan, turun berat badan, minuman detoks, detoksifikasi tubuh

Ilustrasi minuman detoks. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Detoksifikasi adalah tren populer yang diikuti oleh banyak orang untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Sebab detoksifikasi dipercaya mampu membersihkan tubuh Anda dari racun-racun, melalui konsumsi campuran sari buah dan sayuran serta teh herbal, yang diikuti dengan puasa jangka pendek. 

Minuman detoks, diklaim dapat menghilangkan racun dalam tubuh serta meningkatkan metabolisme Anda. Hal ini, dapat membantu menyukseskan program penurunan berat badan Anda. 

Minuman detoks ternyata bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana yang mudah Anda temukan di manapun.

Melansir dari Stylecraze, Selasa (24/3/2020) berikut 5 resep minuman detoks yang cocok dikonsumsi di pagi hari:

1. Teh hijau dan lemon

Siapkan secangkir air, 1 kantung teh hijau, dan seperempat air perasan lemon.

Pertama, rebus air dan masukkan kantung teh hijau, setelah itu tambahkan air lemon dan aduk hingga merata. Minumlah ramuan ini selagi panas. 

2. Madu, lemon, dan jahe

Siapkan setengah air perasan lemon, 1 sendok makan madu, setengah ruas jari jahe, dan segelas air hangat.

Panaskan segelas air (jangan direbus). Tambahkan air perasan lemon, jahe yang telah dihancurkan, dan madu ke segelas air hangat. Minumlah ramuan ini selagi hangat.

3. Lemon dan timun

Siapkan 1 buah lemon, 1 buah timun, potongan daun min, sejumput garam, dan sebotol air.

Potong lemon dan timun menjadi beberapa irisan. Masukkan irisan tersebut ke dalam tumblr yang telah diisi air. Lalu, tambahkan beberapa lembar daun min dan sejumput garam. Minumlah ramuan ini rutin setiap hari.

Timun adalah makanan rendah kalori dengan kadar air tinggi (air 95,2%). Penelitian menemukan bahwa rutin mengonsumsi makanan rendah kalori, dapat meningkatkan penurunan dan mengelola berat badan. 

Ini adalah salah satu minuman detox yang  paling umum untuk meningkatkan energi dan metabolisme.

4. Nanas dan lemon

Siapkan 1 cangkir daging nanas cincang, 1 buah air perasan lemon, 1 sendok teh sirup maple, setengah sendok teh cabai rawit, dan sedikit garam. 

Blender nanas yang sudang dicincang, tuang jus nanas ke dalam gelas. Tambahkan air lemon, sirup maple, cabai rawit, dan garam. Aduk rata. 

Masukkan terlebih dahulu ramuan tersebut ke dalam kulkas untuk menambah kesegaran. 

5. Jus jeruk dan wortel

Siapkan 1 buah jeruk dan wortel, 1 sendok makan madu, daun ketumbar, air, dan es batu. 

Blender semua bahan yang telah disiapkan (kecuali es batu). Tuang ke dalam gelas lalu tambahkan es batu sebelum diminum untuk menambah kesegaran. 

Wortel kaya akan beta-karoten dan sarat dengan serat. Makanan tinggi serat meningkatkan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar berikutnya. Sehingga membantu proses penurunan berat badan.

Jeruk penuh dengan vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup, dapat membantu mengoksidasi lemak sebanyak 30% lebih banyak jika dikombinasikan dengan olahraga sedang. Dengan demikian, dapat membantu program penurunan berat badan Anda.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers