web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pemain Persib Positif Corona Usai Liburan? Ini Keterangan Dokter Tim

Jumat, 27 Maret 2020 23:47 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Dokter Tim Persib Bandung, Raffi Ghani. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung serius mewaspadai penularan virus corona di dalam timnya. Bahkan salah satu aturan khusus dibuat yakni tidak berjabat tangan dengan pemain, pelatih, hingga jajaran ofisial. tim dokter pun terus melakukan berbagai upaya agar skuat Maung Bandung tetap bisa menjaga kesehatan dan terbebas dari Covid-19.

Namun kabar mengejutkan datang, Jumat (27/3/2020) malam. Tim berjuluk Maung Bandung itu mengkonfirmasi bahwa salah satu pemainnya positif terinfeksi Covid-19. Dokter Tim Persib Bandung, Raffi Ghani mengatakan, pihaknya sedianya telah melakukan sosialisasi dan tes kepada beberapa pemain sebelum ada yang dinyatakan positif virus corona.

"Saya hanya bersyukur kita sudah melakukan seperti presentasi corona sebelum lawan PSS Sleman. Untuk pemain dan bobotoh, orang-orang di tim pelatih dan ofisial untuk tidak melakukan kontak fisik. Alhamdulillah, pertandingan dan langsung dilakukan pemeriksaan 12 orang hasilnya negatif semua," kata Raffi melalui sambungan telepon, Jumat (27/3/2020) malam.

AYO BACA : Persib Konfirmasi Salah Satu Pemainnya Positif Corona

Raffi juga mengaku, sempat optimistis skuat Maung Bandung bakal negatif corona lantaran selama ini tim sangat ketat menjalankan protokol pencegahan tersebut.

"Saya sebetulnya secara global karena sering kontak dan selalu bersama, saya tadinya punya pemikiran Insyaallah yang lain negatif," ucap Raffi.

Selain itu, Persib sendiri telah melaksanakan dua kali tes Proaktif Covid-19. Kedua tes itu dilaksanakan di Graha Persib pada 16 Maret 2020 dan 26 maret 2020. 

AYO BACA : Ini Kronologis 1 Pemain Persib Positif Corona

Dalam pemeriksaan pertama, 10 pemain dan dua orang lainnya yakni ofisial tim serta manajemen PT PBB mendapatkan pemeriksaan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Hasilnya, 12 orang yang diperiksa negatif virus corona.

Hanya saja, usai pemeriksaan pertama tersebut skuat Maung Bandung mendapat jatah libur dua hari sejak pertandingan melawan PSS Sleman, Minggu (15/3/2020). Selama masa libur itu, beberapa pemain diketahui pulang ke kampung halamannya dan ada yang pergi berlibur.

Merasa was-was dengan kondisi pemain usai bepergian di tengah pandemi virus corona, Raffi pun memberi saran untuk kembali melaksanakan tes proaktif Covid-19 kedua yakni pada 26 Maret 2020. Hal ini kata Raffi, demi meyakinkan kondisi para pemain tetap dalam kondisi sehat usai pulang dari masa liburan.

"Setelah itu kan ada waktu libur, pada saat libur ada beberapa yang meninggalkan Kota Bandung, saya tidak sebutkan siapa-siapanya termasuk pelatih. Sekembalinya di sana saya ragu, makannya dilakukan lagi pemeriksaan. Selain dalam rangka salah satu persyaratan untuk pemain yang mau pulang ke negaranya, ternyata hasil pemeriksaan, tanpa gejala apa-apa ditemukan satu pemain hasilnya positif," kata Raffi menjelaskan.

Meski satu pemain Persib positif virus corona, Rafi meyakini pemain bersangkutan bisa segera sembuh. Raffi juga meyakini, para pemain lain yang sempat kontak dengan pemain bersangkutan tidak akan terpapar virus tersebut.

"Saya yakin ini akan sembuh dengan sendirinya selama beberapa tahapan bisa dilewati dengan baik. Selama ini pemain juga sudah menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik seperti salaman, jaga jarak juga. Dia memang positif, tapi orang-orang yang dekat dia negatif. Tapi tetap kita harus berhati-hati karena ini di dalam tim. Tapi saya yakin semuanya sehat. Kita tetap harus melakukan isolasi mandiri, kita lihat 14 hari ke depan," ujarnya.

AYO BACA : Pemain Persib Liburan di Tengah Pandemi Corona, Begini Tanggapan Pelatih

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers