web analytics
  

Stasiun Cirebon Mulai Operasikan Bilik Disinfektan

Jumat, 27 Maret 2020 10:00 WIB Erika Lia

Bilik disinfektan di Stasiun Cirebon. (dok. Daop 3 Cirebon)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Satu unit bilik disinfektan kini dihadirkan di Stasiun Cirebon (Kejaksan), Kota Cirebon. Penumpang yang hendak menaiki kereta api (KA) harus melalui bilik ini dulu demi pencegahan penyebarluasan virus Corona.

Manager Humasda PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengungkapkan, bilik disinfektan mulai dimanfaatkan Kamis (26/3/2020) di Stasiun Cirebon.

"Bilik ini diperuntukkan bagi para penumpang KA yang hendak memasuki area zona 1 stasiun, atau setelah menjalani pemeriksaan boarding pass dan thermo gun (pemeriksaan suhu tubuh) oleh petugas," terangnya.

Di dalam bilik, lanjutnya, para penumpang KA disterilisasi melalui penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh bagian tubuhnya. Penyemprotan itu diharapkan dapat membunuh kuman maupun bakteri yang menempel pada tubuh setiap penumpang.

AYO BACA : 10 WNA Cina di Cirebon Peroleh Izin Tinggal Darurat

"Sekaligus upaya kami untuk memberi rasa aman kepada seluruh penumpang KA dalam mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan stasiun," tambahnya.

Selain penumpang KA, bilik itu diperuntukkan pula bagi para petugas KA yang akan berdinas dan telah selesai berdinas.

Rencananya, bilik disinfektan yang serupa akan dipasang pula di seluruh stasiun keberangkatan KA di Daop 3 Cirebon, masing-masing di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Jatibarang, dan di Stasiun Haurgeulis.

"Pemasangan selanjutnya di stasiun lain akan dilakukan bertahap," kata dia.

AYO BACA : Alami Sesak Nafas, Pasien PDP di Cirebon Meninggal Dunia

weyh3y321y6

Tak hanya bilik disinfektan, Daop 3 Cirebon juga telah menambahkan beberapa wastafel portabel di Stasiun Cirebon di area peron dan selasar stasiun. Dengan wastafel itu, pengunjung dan penumpang KA bisa lebih leluasa dan intens mencuci tangan.

"SOP protokol pelayanan publik penanganan pencegahan Covid-19 juga terus kami laksanakan, seperti menyediakan hand sanitizer, penerapan social distancing di area stasiun dan di atas KA, serta pemeriksaan suhu penumpang saat boarding," ungkapnya.

 


Catatan Redaksi: 
Bila Anda merasakan gejala awal Covid-19, untuk memastikannya atau untuk mengetahui informasi perihal virus ini bisa mengakses nomor hotline Dinas Kesehatan Jabar di 0811-2093-306 atau Emergency Kesehatan: 119.

AYO BACA : Dinkes Cirebon: ODP Covid-19 dengan Penyakit Penyerta Perlu Dirawat

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers