web analytics
  

Tip Kontrol Keuangan Meski Suka Belanja saat Pandemi Corona

Jumat, 27 Maret 2020 08:11 WIB
Umum - Unik, Tip Kontrol Keuangan Meski Suka Belanja saat Pandemi Corona, Belanja online, karantina, tips mengelola uang,

[Ilustrasi] Belanja online saat WFH. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Hasrat untuk berbelanja di tengah pandemi corona Covid-19 bisa saja muncul karena kita terlalu sering bermain gawai.

Jika kalap, bisa saja keuangan akan tidak terkontrol. Ujung-ujungnya, malah kerepotan padahal masa darurat corona Covid-19 belum dicabut.

Co-Founder and Vice-CEO Jouska Indonesia Farah Dini Novita memberikan tip cara mengatur keuangan di tengah pandemi corona Covid-19 dan tetap bijak meski sering berbelanja online.

Dalam Media Gathering: Bijak Finansial dengan #BelanjaDariRumah melalui YouTube, Farah menyebutkan kita boleh berbelanja online dengan konsumsi seperti biasanya, namun sewajarnya dan sesuai kebutuhan.

"Saya nggak bilang hemat, ya. Karena kita tetap butuh konsumsi untuk menggerakkan ekonomi. Jadi konsumsi sewajarnya, sebutuhnya," kata dia, Kamis (26/3/2020).

Hal yang harus diutamakan adalah kebutuhan primer alias kebutuhan pokok, yakni pengeluaran yang memang kita butuhkan meski tanpa penghasilan sekalipun, contohnya untuk makan sehari-hari.

Kemudian baru memperhatikan pengeluaran kedua yang sifatnya kewajiban, yakni asuransi, cicilan, maupun mungkin SPP sekolah anak.

Ketiga, pengeluaran sekunder yang biasanya lebih banyak daripada pengeluaran yang lain, misalnya entertainment seperti nonton atau nongkrong.

"Tapi kan dengan adanya Covid-19 ini teman-teman harus berada di rumah, sebenarnya banyak yang bisa dipotong," tutur Farah.

Dana tersebut bisa dialihkan untuk dua hal, yakni menabung dana darurat, mengingat kita belum mengetahui sampai kapan pandemi ini akan berlangsung, yang kedua kita tetap bisa berbelaja untuk membantu perekonomian Indonesia, tentunya tetap utamakan yang dibutuhkan.

"Yang pasti kalau mau belanja pastikan belanja yang kita butuh, yang bisa mendukung kita selama WFH. Jadi jangan menimbun bahan pokok, karena kita lagi ada krisis pangan, berbagilah dengan sesama, jadi tolong belanja sewajarnya," ujarnya.

Dia juga menyoroti soal jarangnya mencatat pengeluaran. Dia menyebut mumpung sedang berada di rumah, mungkin kini saatnya untuk meluangkan waktu mencatat pengeluaran, dan mungkin bisa dilihat di bagian mana pengeluaran yang terlalu 'bocor' dan mencari solusinya. 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers