web analytics
  

4 Efek Samping Konsumsi Pare yang Perlu Diketahui

Kamis, 26 Maret 2020 09:05 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 4 Efek Samping Konsumsi Pare yang Perlu Diketahui, Pare, efek samping pare, sayuran hijau, makanan sehat, tips kesehatan

Ilustrasi pare. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pare merupakan sayuran yang telah digunakan sebagai obat herbal selama berabad-abad. Sayuran ini dikenal karena rasanya yang pahit, dan kebanyakan orang menggunakannya untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Namun, konsumsi pare secara berlebihan untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan efek kesehatan yang merugikan. 

Melansir dari Stylecraze, Selasa (24/3/2020) berikut 4 efek samping mengonsumsi pare yang harus Anda tahu:

1. Memicu kontraksi

Pare dipercaya dapat memicu kontraksi. Wanita menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi pare perlu jumlah berlebih.

Namun, ada sedikit penelitian ilmiah yang tersedia dalam hal ini. Karena itu, yang terbaik adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi pare.

2. Mengganggu kinerja obat

Mengonsumsi pare bersamaan dengan obat-obatan, dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah yang sangat rendah.

Orang dengan riwayat diabetes yang sedang dalam pengobatan, harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengkonsumsi pare.

3. Membuat irama jantung tidak teratur

Ketika irama jantung menjadi tidak teratur, itu mengarah ke penggabungan darah di satu sisi jantung. Ini dapat menyebabkan trombosit membentuk gumpalan sehingga menyebabkan strok atau serangan jantung.

Dalam sebuah penelitian, seorang laki-laki berusia 22 tahun mengalami gejala terkait ketika ia minum setengah cangkir jus pare

4. Dapat menyebabkan koma hipoglikemik

Koma hipoglikemik adalah bentuk koma yang disebabkan karena dosis insulin berlebihan yang disuntikkan. Ini mungkin menyebabkan penurunan kadar gula darah yang parah. 

Ada laporan kasus yang menunjukkan timbulnya koma hipoglikemik dan dimulainya fibrilasi atrium (irama jantung abnormal) karena asupan pare.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers