web analytics
  

6 Makanan Bersodium Ini Picu Darah Tinggi dan Penyakit Jantung

Selasa, 24 Maret 2020 13:25 WIB Vina Elvira

[Ilustrasi] Saus, salah satu penyedap makanan yang mengandung sodium. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sodium bekerja dengan mineral lain seperti potasium, magnesium, dan kalsium yang berfungsi untuk menyeimbangkan kadar air dalam sel tubuh.

Namun, kelebihan sodium juga bisa berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan penyakit jantung serta stroke.

Apabila dikonsumsi secara teratur dalam jumlah dan dosis yang tepat, sodium dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga sebaliknya, apabila Anda mengonsumsi terlalu banyak sodium akan berakibat buruk bagi kesahatan.

Melansir dari Boldsky, Rabu (26/2/2020) berikut 6 makanan bersodium yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan:

1. Sup Kalengan

Sup kalengan mengandung sodium berlebih untuk mengawetkannya. Sebanyak 100 gr ayam kalengan dan sup nasi mengandung 181 mg sodium dan 100 gr sup tomat kalengan mengandung 377 mg sodium.

AYO BACA : Agar Diet Berhasil, Jangan Makan 4 Hal Ini Setelah Pukul 4 Sore!

2. Keju Olahan

Keju olahan memiliki kandungan natrium yang tinggi dibandingkan dengan keju alami. Hal ini karena keju olahan mengandung garam pengemulsi seperti natrium fosfat yang membuatnya sangat halus dan konsisten.

3. Pizza

Pizza yang sering Anda makan bersama keluarga dan teman-teman dipenuhi dengan kandungan sodium karena adanya toping keju, saus, daging olahan, dan adonan.

4. Udang dan ikan Beku

Udang dan ikan beku memiliki sodium yang digunakan sebagai pengawet. Cobalah mengonsumsi udang yang baru ditangkap karena mengandung lebih sedikit sodium.

AYO BACA : Diet Enak dengan 7 Minuman yang Usir Timbunan Lemak di Perut

5. Sayuran Kalengan

Sayuran kalengan dikemas dengan sodium. Oleh karena itu, cucilah sayuran kaleng tersebut terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengeringkan dan membilas sayuran kaleng dapat menurunkan kandungan sodium

Selama penelitian, sayuran kaleng seperti jagung kaleng, kacang polong, dan kacang hijau dibilas dengan 3,5 liter air hangat dan dibiarkan mengalir selama 2 menit. Hasilnya, kandungan natrium berkurang secara efektif.

6. Saus

Saus seperti kecap, saus tomat, dan saus barbekyu mengandung banyak sodium. Sebanyak 100 g kecap mengandung 5493 mg sodium, 100 g saus tomat mengandung 459 mg sodium, dan 100 g saus barbekyu mengandung 1027 mg sodium.

Oleh karena itu, jangan berlebihan menggunakan saus sebagai toping makanan Anda.

AYO BACA : Sarapan dengan Buah demi Diet Sehat dan Enak, Ini 4 Manfaatnya

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers