web analytics
  

9 Cara Ampuh Agar Kerja Lebih Produktif dan Efektif

Selasa, 24 Maret 2020 10:12 WIB
Umum - Unik, 9 Cara Ampuh Agar Kerja Lebih Produktif dan Efektif, tips bekerja, konsentrasi, produktif,

[Ilustrasi] Produktif dan efektif dalam bekerja. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Banyak cara agar bekerja lebih produktif dan efektif. Banyak hal juga yang membuat kita malas untuk bekerja.

Agar Anda bisa bekerja lebih efektif dan produktif, Anda bisa mencoba 9 cara berikut ini, seperti dilansir dari Republika.co.id, Selasa (24/3/2020).

1. Mempersiapkan diri lebih awal

Sebelum memulai pekerjaan, luang waktu untuk diri sendiri menikmati sejuknya udara dan keheningan pagi. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan energi yang seolah terpompa penuh untuk beraktivitas seharian.

2. Jangan Terlambat

Jika Anda terlambat, pekerjaan bisa terteter. Karena itu, bukan tidak mungkin, jadwal Anda akan berantakan.

3. Membuat daftar prioritas pekerjaan

Sering kali pekerja mengalami kesulitan untuk fokus pada satu bidang pekerjaan lantaran gangguan sekeliling. Cobalah untuk mulai fokus dengan cara membuat daftar prioritas pekerjaan Anda. Meskipun terkadang ada saja tugas yang mendadak harus dilakukan tetaplah fokus pada prioritas pekerjaan yang Anda susun sebelumnya. Usahakan untuk tetap istirahat 2 hingga 3 menit untuk menyelesaikan setiap satu tugas.

4. Jangan pernah menunda pekerjaan

Stres selama di kantor membuat orang sering menunda pekerjaan. Hal tersebut terbilang wajar sebagai reaksi natural saat menghadapi stres. Namun bukan berarti suasana hati ini terus diikuti saja hingga dengan gampangnya menunda pekerjaan.

5. Susun jadwal yang fleksibel untuk antisipasi berbagai kemungkinan

Jadwal yang fleksibel bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan yang muncul seperti meeting yang bisa dilakukan mendadak, mengatasi masalah yang tiba-tiba saja muncul dan perlu perhatian lebih, hingga tugas-tigas tambahan yang sering kali muncul dari atasan atau owner.

6. Kenali kendala yang bisa muncul kapan saja

Mengenal kendala yang dapat muncul kapan saja adalah kewajiban sebagai pekerja. Hal tersebut berguna untuk memaksimalkan waktu yang dimiliki.

Selain itu dengan mengenal kendala yang dihadapi juga dapat mengantisipasi kekecewaan yang bisa dialami lantaran tidak dapat meraih target yang sebelumnya telah ditentukan. Selain itu bijaklah dalam menerima tawaran rekan kerja Anda.

7. Buat daftar yang dikerjakan dengan catatan tangan

Membuat to do list atau daftar yang harus dikerjakan setiap pagi adalah hal wajib agar pekerjaan Anda tetap fokus dan menjadi karyawan yang produktif. Daftar yang harus dikerjakan dengan catatan tangan akan jauh lebih efisien dibandingkan menulisnya di gadget maupun di komputer.

8. Tanyakan pada atasan jika ada pekerjaan belum maksimal

Meskipun terbilang cukup berani, namun tak ada salahnya menanyakan produktivitas Anda kepada atasan. Meskipun akan dibumbui dengan kritikan, anggaplah kritikan tersebut sebagai kritik yang membangun.

9. Dari semua itu, menjaga kualitas tidur jangan pernah terabaikan

Bagaimana pun juga, semua tip-tip di atas harus diimbangi dengan kecukupan akan kebutuhan tidur. Tanpa tidur yang berkualitas atau maksimal, Anda akan kesulitan melakukan berbagai rencana untuk efektif dan produktif dalam bekerja. Manfaatkan waktu tidur sebaik mungkin dan lakukan semua tip di atas agar karier cemerlang.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers