web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Berkumur dengan Air Garam dan Cuka Bisa Bunuh Corona Covid-19?

Senin, 23 Maret 2020 12:42 WIB

[Ilustrasi] Virus corona. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Beredar informasi yang menyebutkan bahwa berkumur dengan air garam dan cuka bisa membunuh virus corona Covid-19.

"Virus corona sebelum mencapai paru-paru akan tetap berada di tenggorokan selama 4 hari. Pada saat ini orang mulai batuk dan sakit tenggorokan. Jika dia minum banyak air dan berkumur air garam bisa membunuh virusnya. Sebarkan informasi ini karena Anda bisa menyelamatkan nyawa orang lain," pesan berantai yang beredar di internet dikutip dari New York Post.

AYO BACA: 8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Saat Keluar Rumah

AYO BACA: Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

AYO BACA: Bacaan Qunut Nazilah, Doa Menangkal Malapetaka

Faktanya, informasi tersebut tidak benar atau palsu. Hal itu karena kumur air garam dengan cuka tidak akan membunuh virus corona Covid-19.

Seorang dokter pun mengatakan, virus corona Covid-19 bisa dideteksi di tenggorokannya setidaknya seminggu. Namun, kumur air garam ini bukan berarti akan membunuhnya.

Kumur air garam dengan cuka justru bisa menyebabkan luka. Selain itu, dilansir dari Metro, masalahnya virus corona Covid-19 ini tidak tersangkut di tenggorokan. Virus ini cukup cepat menyebar ke seluruh tubuh.

AYO BACA: [CEK FAKTA] Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

AYO BACA: Cara Salam Alternatif untuk Cegah Corona Sesuai Anjuran WHO

AYO BACAIni Peta Sebaran Virus Corona di Jabar, 1.165 ODP dan 22 Positif Covid-19

Dokter umum di Babylon, dr Keith Grimes pun menjelaskan, corona Covid-19 adalah penyakit baru. Ahli medis masih belum memahami penularan dan penyebaran virus ini secara keseluruhan.

"Kami hanya mengetahui virus ini menular lewat cairan pernapasan yang menginfeksi orang lain saat batuk atau bersih. Lalu cairan masuk ke hidung, mulut dan tenggorokan," kata dia.

Meskipun sakit tenggorokan salah satu gejala infeksi virus corona Covid-19, bukan berarti kumur air garam bisa menyelesaikan masalahnya.

AYO BACA: Corona Masuk ke Indonesia, Ini Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

AYO BACA: [CEK FAKTA] Tahan Napas 10 Detik Bisa Tes Gejala Corona Covid-19?

AYO BACA: 5 Langkah Mencegah Virus Corona di Rumah

Dr Perpetua Emeagi, dosen Biologi Manusia dan Ilmu Biologi di Liverpool Hope University mengatakan, virus corona bertahan hidup di tenggorokan dan memengaruhi seluruh saluran pernapasan.

"Jadi berkumur pakai air garam atau larutan cuka sekarang ini hanyalah langkah yang sia-sia," ujarnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers