web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Emil Instruksikan Penghentian Sementara Aktivitas Perkantoran di Bekasi

Minggu, 22 Maret 2020 14:30 WIB Firda Puri Agustine

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau kesiapan Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, untuk menggelar rapid test, Minggu (22/3/20). (Pipin/Humas Jabar)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merekomendasikan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk menghentikan sementara aktivitas perkantoran di Bekasi terkait Covid-19.

Hal itu dikatakan pria yang akrab disapa Emil ini saat mengecek kesiapan rapid test massal Covid-19 di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, seperti dilihat dari live Instagram Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Provinsi Jawa Barat (Pikobar), Minggu (22/3/2020).

“Arahan saya yang pertama, tolong di-copy (diikuti) kebijakan yang ada di DKI. Artinya minggu ini saya rekomendasikan untuk tidak ada aktivitas kantor di Bekasi mulai Senin (besok) sampai seminggu di masa kritis,” kata Emil.

Dia punya alasan mengapa Kota Bekasi perlu menerapkan kebijakan seperti di DKI Jakarta. Pertama, hasil analisis menyebut bahwa dari 55 kasus positif di Jawa Barat (data Pikobar per 21 Maret 2020), 41 di antaranya berasal dari Bogor, Depok, dan Bekasi. Kota Bekasi menyumbang 13 kasus, sementara Kabupaten Bekasi 4 kasus.

“Situasinya persis seperti DKI di mana kotanya padat, statistik positif, ODP, dan PDP-nya juga tertinggi,” ujarnya.

weyh3y321y6

Lantaran itu pula, Bekasi menjadi kota pertama di Jawa Barat yang akan melakukan rapid test massal Covid-19 pada Selasa (24/3/2020). Ada tiga kriteria yang diprioritaskan, yakni mereka yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan positif Covid-19.

Selanjutnya, semua petugas dan tenaga medis yang menjadi ujung tombak penanganan pasien Covid-19. Kemudian yang terakhir adalah mereka yang profesinya banyak melakukan interaksi sosial dengan banyak orang seperti kepala daerah, ulama, hingga wartawan.

Selain Bekasi, ada dua wilayah yang juga bakal diadakan rapid test massal, yakni di Stadion Pakansari, Bogor untuk warga Depok dan Bogor, serta Stadion Jalak Harupat untuk warga di Kabupaten Bandung Barat. 

 

Catatan Redaksi: 
Bila Anda merasakan gejala awal Covid-19, untuk memastikannya atau untuk mengetahui informasi perihal virus ini bisa mengakses nomor hotline Dinas Kesehatan Jabar di 0811-2093-306 atau Emergency Kesehatan: 119.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers