web analytics
  

Mal di Bandung Waspada Corona, Ini Perubahan yang Dilakukan

Kamis, 19 Maret 2020 16:12 WIB Vina Elvira
Bandung Raya - Bandung, Mal di Bandung Waspada Corona, Ini Perubahan yang Dilakukan, Mal, BIP, BEC, BCW, Waspada Corona, cara mencegah virus corona,

Suasana area food court Bandung Inda Plaza (BIP) yang berlokasi di Jalan Merdeka, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Kamis (19/3/2020). (Ayobandung.com/Vina Elvira)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wabah virus corona yang telah menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia membuat sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Kota Bandung mengambil langkah preventif guna meminimalisasi risiko penyebaran virus.

Mal sendiri merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi banyak orang. Oleh karena itu, penting bagi para manajemen mal mengambil langkah serius guna mencegah penularan virus, khususnya di dalam area mal.

Public Relation Trans Studio Mall (TSM) Bandung Ira Siska mengungkapkan, TSM sangat bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan para karyawan, komunitas, serta konsumennya yang berada di mal.

AYO BACA: 8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Saat Keluar Rumah

AYO BACA: Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

 Langkah preventif yang diambil TSM antara lain melalukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun serta menyediakan cairan antiseptik di seluruh titik strategis. Selain itu, TSM memilki petugas khusus guna mengoperasikan lift agar tombol lift tetap steril.

"Thermogun beserta petugas screening di setiap akses pintu masuk yang telah ditentukan, penyediaan hand sanitizer di seluruh titik strategis," ujar Ira kepada Ayobandung.com melalui telepon, Kamis (19/3/2020).

TSM juga memberlakukan akses terbatas, khusus bagi seluruh karyawan manajemen dan tenant, serta melalukan pengawasan ketat terhadap masuk keluarnya barang.

AYO BACA: [CEK FAKTA] Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

AYO BACA: Cara Salam Alternatif untuk Cegah Corona Sesuai Anjuran WHO

Selain TSM, Bandung Indah Plaza (BIP), dan Istana Plaza (IP) yang tergabung ke dalam grup Lippo Malls Indonesia juga mengambil langkah preventif berupa perubahan jam operasional, yang mulai berlaku pada Rabu (18/3/2020).

Uraian jam operasional tersebut, yakni pada Senin-Kamis mal beroperasi dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Pada Jumat, mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Sementara itu, Sabtu, Minggu, dan hari libur mal beroperasi pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Marcomm Manager BIP dan IP Aditia Fahmi mengungkapkan, pihaknya menerapkan sejumlah protokol kebersihan guna mencegah penyebaran virus corona di area mal.

AYO BACA: Bacaan Qunut Nazilah, Doa Menangkal Malapetaka

AYO BACA: Corona Masuk ke Indonesia, Ini Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya

Protokol tersebut antara lain menyemprotkan disinfektan di beberapa fasilitas publik, menjaga kebersihan fasilitas yang banyak digunakan pengunjung, serta menyediakan hand sanitizer di beberapa titik startegis mal.

Aditia berharap, seluruh masyarakat dapat mendukung dan menerapkan kebijakan pemerintah guna mengurangi penyebaran virus corona.

"Harapannya semua masyarakat mendukung kebijakan pemerintah untuk mengurangi penyebaran Covid-19 agar dapat segera teratasi," kata Aditia kepada Ayobandung.com, Kamis (19/3/2020).

AYO BACA: [CEK FAKTA] Tahan Napas 10 Detik Bisa Tes Gejala Corona Covid-19?

AYO BACA: 5 Langkah Mencegah Virus Corona di Rumah

Sementara itu, manajemen Braga Citywalk pun melakukan beberapa langkah serupa untuk mencegah penularan virus di area mal. Beberapa langkah yang dilakukan, yakni mengurangi kegiatan yang mengundang keramaian, mengurangi jam operasional, dan mengimbau seluruh tenant selalu menjaga kebersihan.

"Mengimbau kepada seluruh tenant Braga Citywalk untuk selalu menggunakan masker bagi karyawan tenant dan menyediakan hand sanitizer yang dapat digunakan oleh customer," ujar Marcomm Braga Citywalk Mulyana kepada Ayobandung.com, Kamis (19/3/2020).

Selain itu, Braga Citywalk memasang media promosi berupa edukasi cara mencuci tangan di semua toilet, menjaga kebersihan di area publik yang sering dikunjungi konsumen, dan memasang tanda jaga jarak di seluruh lift.

"Braga Citywalk selalu menjaga kebersihan di area publik yang sering dikunjungi oleh customer seperti tangga, tempat duduk, pagar, eskalator dan lain-lain," tuturnya.

AYO BACA: Padanan Kata Lockdown, Corona, dan Social Distancing dalam Bahasa Indonesia

AYO BACA: 5 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Keliru

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers