web analytics
  
Banner Kemerdekaan

[Konten Edukatif Corona] Apa yang Harus Disiapkan di Rumah Kalau Lockdown?

Kamis, 19 Maret 2020 12:34 WIB Rahim Asyik

[Ilustrasi] Lockdown akibat virus corona Covid-19. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Apa yang harus disiapkan kalau Anda harus tinggal di rumah karena corona? Menurut situs sciencealert.com, pertama-tama dan yang paling penting adalah jangan panik. Ingat, panik bisa membuat kita salah mengambil keputusan. Lebih baik tetap tenang dan rasional.

Bahwa penyebaran virus corona (Covid-19) ini membahayakan, baik karena virusnya maupun ketidaksiapan kita menghadapinya, merupakan hal yang tak terbantahkan. Namun kepanikan malah bisa menyebabkan tingkat bahayanya berlipat ganda.

Jalan terbaik adalah tetap tenang. Beli bahan makanan secukupnya saja, misalnya untuk dua pekan. Hitung kebutuhan anggota keluarganya seberapa banyak dan beli sesuai kebutuhan. Pembelian bahan makanan yang berlebihan bisa mengganggu pasokan dan akan berbuntut pada kepanikan lain.

AYO BACA: 8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Saat Keluar Rumah

AYO BACA: Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Standar WHO untuk Cegah Corona

Selain makanan, kebutuhan air minum juga disiapkan untuk dua pekan. Berapa galon, bergantung kebiasaan penggunaan selama ini. Kalau selama ini kebutuhan untuk masak dan minumnya cukup dengan dua galon air dalam sepekan, maka Anda bisa menyediakan empat galon air.

Akan tetapi, kalau kebutuhan untuk mandi dan mencuci juga dipenuhi dari air galonan juga, silakan dihitung sesuai kebutuhan. Sebagai patokan, untuk kebutuhan membersihkan, memasak, dan minum, seorang manusia membutuhkan satu galon air per hari.

Selain bahan makanan Anda dan hewan peliharaan Anda (kalau ada), yang juga diperlukan adalah obat-obatan sesuai kebutuhan. Periksa lagi, apakah persediaan obat-obatan dan pertolongan pertama Anda sudah memadai atau belum. Jangan lupa pembersih, sanitizer, dan tisu.

AYO BACA: [CEK FAKTA] Ini Bentuk Virus Corona Jika Diperbesar 2.600 Kali?

AYO BACA: Cara Salam Alternatif untuk Cegah Corona Sesuai Anjuran WHO

Siapkan dan bersihkan rumah Anda agar nyaman ditinggali.

Siapkan juga solusi kalau ada anggota keluarga Anda yang jatuh sakit. Atur siapa yang akan membawanya ke rumah sakit, siapa yang akan di rumah. Siapa yang akan menjaga hewan peliharaan kalau rumah terpaksa ditinggalkan.

Kalau ada tetangga Anda yang dalam pengawasan atau bahkan terpapar virus corona, Anda dan keluarga harus lebih meningkatkan kewaspadaan.

AYO BACA: Padanan Kata Lockdown, Corona, dan Social Distancing dalam Bahasa Indonesia

AYO BACA: 5 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Keliru

Ingat beberapa hal berikut:

Tutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk. Lebih baik menutupnya dengan tisu untuk langsung dibuang. Kalau tisu tidak ada, tutup dengan siku.

Pakailah masker sesuai petunjuk. Masker dianjurkan dipakai oleh mereka yang sakit.

AYO BACA: [CEK FAKTA] Tahan Napas 10 Detik Bisa Tes Gejala Corona Covid-19?

AYO BACA: 5 Langkah Mencegah Virus Corona di Rumah

Cuci tangan Anda dengan benar dan sesering mungkin, terutama dengan menggunakan sanitizer yang berbasis alkohol.

Kalau Anda sakit, gunakan segala cara agar tidak menular kepada anggota keluarga lain, tetangga, rekan kerja, dan orang lain. Lakukan isolasi mandiri. Jaga jarak aman dengan orang lain.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers