web analytics
  

[Bandung Pisan] Punya Banyak Potensi, RW 07 Kelurahan Lebak Gede Siap Jadi Kampung Percontohan

Rabu, 18 Maret 2020 19:10 WIB Vina Elvira

RW 07 Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Vina Elvira)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- RW 07 Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, merupakan kawasan unggulan di wilayah Lebak Gede, karena sejumlah potensi yang dimilikinya. Baik dari segi keaktifan warganya, maupun inovasi yang diciptakan.

Lurah Lebak Gede Cecep mengungkapkan, salah satu inovasi yang sedang digali RW 07 saat ini adalah, pembuatan mural di setiap dinding kosong RW 07. Nantinya, RW 07 ingin dijadikan sebagai kawasan 1.000 warna.

"RW 07 bisa dikatakan, RW unggulan yang memiliki banyak potensi. Di situ ada pembuatan kawasan mural yang ingin dijadikan suatu kawasan 1.000 warna," ungkap Cecep saat ditemui Ayobandung.com, di Kantor Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jumat (13/3/2020).

Menurut Cecep, nantinya setiap gang akan memiliki tema mural yang berbeda. Mulai dari tema lingkungan hingga budaya seperti batik dan wayang. "Di tiap gang beda-beda tema rencananya. yang sudah mungkin baru satu gang, dan itu akan dikembangkan," ucap Cecep.

AYO BACA : [Bandung Pisan] Begini Upaya Kelurahan Lebak Gede Lestarikan Kesenian Sunda di Wilayahnya

Rencananya, kata Dia, RW 07 akan dijadikan sebagai salah satu kawasan percontohan, dengan kawasan mural sebagai salah satu daya tariknya. Saat ini, kelurahan bekerjasama dengan sejumlah pihak terkait, sedang merancang program tersebut.

"Kita sedang membuat program supaya RW tersebut bisa menjadi salah satu RW yang memiliki daya tarik, dan bisa dikunjungi sebagai salah satu kawasan percontohan," tambahnya.

Cecep menerangkan, RW 07 juga memiliki potensi dari segi ruang publik, yaitu Taman Bagus Rangin. Kedepannya, Taman Bagus Rangin akan disulap menjadi sebuah kawasan taman yang ramah lingkungan. 

"Mereka akan tata Taman Bagusrangin itu menjadi taman yg memang ramah lingkungan, taman yang tertata sebagai bagian dari pelestarian lingkungan nantinya," terang Cecep.

AYO BACA : Sadar Pentingnya Air, Warga Bersihkan Selokan Coblong

Hanya saja, Kelurahan Lebak Gede dan RW 07, masih terkendala dari segi infrastruktur dan penertiban PKL. "Masalahnya, penataan di infrastrukturnya. Terutama trotoar dan kami juga harus menertibkan beberapa PKL yang memang menjadi kendala," terangnya.

Meskipun begitu, kata dia, Dinas Pekeriaan Umum (DPU) Kota Bandung sudah menyanggupi untuk melakukan pembenahan di Taman Bagus Rangin. Mulai dari perbaikan trotoar dan paving block, hingga penanaman berbagai tanaman hias serta pelindung produktif.

"Dari dinas pekerjaan umum sudah ada kesangguan untuk memperbaiki trotarnya, paving block akan dirapihkan. Terus juga beberapa bantuan penyediaan tanaman, baik hias maupun tanaman pelindung produktif pun akan dibantu," kata Cecep.

Untuk antusiasme warga RW 07 sendiri, tidak perlu diragukan lagi. Menurut Cecep, warga di sana sangat bersemangat, bahkan selama ini mereka pun rela bekerja secara swadaya tanpa bantuan dana dari pemerintah.

"Dengan atau tanpa pemerintah pun kami (warga RW 07) akan jalan. Kami cintai lingkungan kami, kami akan jadikan kampung kami yang bisa dikunjungi dan jadi percontohan, dan saya (Cecepl harus support sekuat tenaga yang saya mampu, saya harus hadir diantara mereka supaya mereka juga ada spirit," ujar Cecep.

AYO BACA : Kecamatan Coblong Entaskan Masalah Lewat 'Bancarea'

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers