web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Bacaan Qunut Nazilah, Doa Menangkal Malapetaka

Selasa, 17 Maret 2020 18:45 WIB

Ilustrasi berdoa. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jumlah kasus orang yang positif terinfeksi corona di Indonesia kian bertambah. Selain melakukan protokol pencegahan corona, seperti menjaga kebersihan pribadi dan menerapkan jarak sosial, umat Islam hendaknya juga berdoa memohon kepada Allah agar dijauhkan dari penyakit berbahaya. Salah satu doa yang dianjurkan dibaca adalah doa qunut nazilah.

AYO BACA : Begini Doa Saat Memberi dan Diberikan Hadiah

Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam melakukan qunut nazilah, yaitu berdoa untuk menangkal turunnya malapetaka di tiap salat fardhu di rakaat terakhir setelah ruku'. Adapun doa qunut nazilah dibaca dengan suara rendah saat shalat sirriyah, yaitu shalat zhuhur dan ashar.

AYO BACA : Doa Setelah Mendengar Azan dan Keutamaannya

"Dan dibaca keras saat shalat jahriyah (shalat yang disunnahkan mengeraskan suara, yaitu salat maghrib, isya, dan subuh), baik ketika menjadi imam atau sedang shalat sendiri," kata Wakil Ketua MUI Muhyiddin Junaidi, dalam keterangan pers.


doa-qunut-200304090213-190
bahasa indonesia link


Bagi imam salat jamaah, saat membaca doa qunut nazilah ini agar mengumumkan lafadz doanya, yaitu dengan mengubah kata ganti untuk diri sendiri (mutakallim wahdah) menjadi kata ganti untuk orang banyak (mutakallim ma 'al ghaird), dan makmum cukup mengaminkannya.

Dari kata ganti 'ana' diubah menggunakan kata ganti 'nahnu'. Misalnya, dari "Allahummahdinii..." menjadi "Allahummahdinaa...".

AYO BACA : Doa Jika Ada yang Mengerikan dalam Tidur

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers