web analytics
  

Cegah Corona, Jangan Sembarangan Sentuh Wajah dan Kucek Mata

Selasa, 17 Maret 2020 14:23 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Cegah Corona, Jangan Sembarangan Sentuh Wajah dan Kucek Mata, Cegah Corona, virus corona, covid-19, cara mencegah virus corona, menyentuh wajah, mengucek Mata,

[Ilustrasi] Menyentuh wajah bisa menularkan virus corona Covid-19. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak menyentuh wajah, hidung, mulut, maupun mengucek mata untuk mencegah penularan virus corona Covid-19. Namun, bagi banyak orang, imbauan itu jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Dan tahukah Anda, ternyata manusia bukan sengaja mengabaikan imbauan tersebut. Namun DNA manusia memang terancang untuk sering menyentuh wajah tanpa kita sadari.

"Itu ada dalam DNA, kita dirancang untuk melakukannya. Sewaktu masih janin di dalam rahim, kita telah menyentuh wajah," kata psikolog Natasha Tiwari seperti dikutip dari laman Mirror.

AYO BACA : 4 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Menurut WHO

Tiwari menjelaskan, menyentuh wajah adalah cara pikiran bawah sadar untuk memberi ketenangan dengan mengaktifkan titik-titik tekanan tertentu.

“Setiap kali Anda mengatakan pada diri sendiri, 'Berhenti menyentuh wajah!', ‘Jangan menyentuh wajah!', Anda mengatakan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang sama sekali tidak wajar bagi Anda," ucapnya.

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa. Jika Anda memiliki anak, kemungkinan mereka juga akan menyentuh wajah mereka.

AYO BACA : 5 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 yang Keliru

Meski begitu, bukan berarti kebiasaan tersebut tidak bisa dihindari, kata Tiwari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita meminimalkan sentuhan pada wajah di tengah wabah virus corona yang berstatus pandemi ini.

"Meskipun hampir mustahil untuk benar-benar berhenti menyentuh wajah Anda, cara yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih mudah adalah dengan menghilangkan kebiasaan yang membuat Anda harus menyentuh wajah," katanya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengganti kebiasaan memakai lensa kontak dengan mengenakan kacamata, juga pemakaian make-up yang lebih sedikit.

"Sehingga, Anda tidak perlu melakukan touch up sepanjang hari," ucapnya.

Dia juga menyarankan perubahan kebiasaan menggerakan tangan apabila sedang berbicara.

"Berusahalah untuk menyilangkan tangan Anda dan meletakannya di pangkuan Anda. Kemudian ketika muncul keinginan untuk mengangkat tangan dan menyentuh wajah Anda, Anda akan lebih sadar akan apa yang Anda lakukan," kata dia.

AYO BACA : 8 Cara Mencegah Virus Corona Covid-19 Saat Keluar Rumah

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers